15 Keluarga Terkaya di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

May 12, 2023

BRIEF.ID –Berbagai kiat dilakukan konglomerat papan atas dunia saat membangun bisnisnya. Belum lama ini, Bloomberg merilis 15 keluarga terkaya di dunia. Ada yang dari Amerika Serikat (AS), Jerman, Swiss, India, dan Indonesia.

Keluarga Hartono, pemilik Djarum Group termasuk dalam deretan keluarga terkaya di dunia. Berikut   daftar 15 keluarga terkaya di dunia berdasarkan data Bloomberg.   

1. Keluarga Walton, Walmart

Di urutan pertama adalah Keluarga Walton, yang   memiliki total kekayaan sebesar US$ 224,5 miliar.  Dibandingkan  total kekayaannya pada tahun 2021, angka ini turun sekitar 5%. Saat  itu total kekayaan keluarga Walton mencapai US$ 238,2 miliar.

    Keluarga Walton adalah pemilik perusahaan ritel  Walmart yang  bermarkas di Bentonville Arkansas, Amerika Serikat.  Pada tahun 2022 nilai pendapatan Walmart, yang memiliki 10.500 gerai mencapai  US$611,2 miliar. 

    2. Keluarga Mars, Mars

    Keluarga Mars tercatat sebagai keluarga terkaya nomor dua di dunia. Pemilik bisnis  produk M&Ms, Milky Way, dan Snickers memiliki kekayaan sebesar US$ 160 miliar.

    Mars juga  melakukan diversifikasi usaha dengan merambah bisnis perawatan hewan peliharaan sejak tahun 2017.

    3. Keluarga Koch, Koch Industries

    Keluarga Koch  yang berasal dari Amerika Serikat menempati  posisi nomor tiga di dunia. Anggota keluarga Koch yakni Frederick, Charles, David, dan William adalah  pewaris perusahaan minyak ayahnya, Fred. Total kekayaan Keluarga Koch mencapai US$128,8 miliar.

    4. Keluarga Al Saud

    Keluarga Al-Saud menempati posisi keempat sebagai keluarga terkaya di dunia dengan nilai kekayaan mencapai US$105 miliar.

    Keluarga kerajaan Arab Saudi ini mengontrol perusahaan minyak milik negara bernama Saudi Aramco.

    5. Keluarga Hermes, Hermes

    Hermes adalah  salah satu perusahaan terbesar di Paris, Prancis. Bisnis keluarga Hermes  yang didirikan sejak 1800-an, memiliki total kekayaan US$ 94,6 miliar.

    Konglomerat asal India, Mukesh Ambani

    6. Keluarga Ambani, Reliance Industries

    Posisi  keenam ditempati  Keluarga Ambani,  pemilik Reliance Industries Limited dengan nilai kekayaan mencapai US$84,6 miliar.

    Reliance Industries Limited adalah sebuah konglomerat multinasional yang berkantor pusat di Mumbai, India. Reliance memiliki sejumlah perusahaan di India yang bergerak di bidang energi, petrokimia, serat sintetis, tekstil, sumber daya alam, ritel, dan telekomunikasi.  

    7. Keluarga Wertheimer, Chanel

    Keluarga Wertheimer menempati urutan ketujuh. Wertheimer mendirikan   Chanel, sebuah  perusahaan fesyen terbesar di Paris, Prancis pada  tahun 1920-an. Selain memiliki jaringan bisnis, Wertheimer juga memiliki kuda pacu,  kebun anggur, dan  kantor keluarga Mousse Partners. Tercatat, total kekayaan keluarga Wertheimer mencapai US$79 miliar.

    8. Keluarga Cargill MacMillan, Cargill

    Cargill Incorporated adalah sebuah perusahaan global asal Amerika Serikat yang berkantor pusat di Minnetonka, Minnesota, Amerika Serikat (AS).

    Perusahaan milik Keluarga Cargill MacMillan ini,  didaftarkan sebagai badan hukum di Wilmington, Delaware sejak  tahun 1865. Cargill  juga tercatat sebagai perusahaan swasta dengan pendapatan terbesar di AS. Nilai kekayaan mencapai US$ 65,2 miliar.

    9. Keluarga Thomson, Thomson Reuters

    Keluarga terkaya nomor kesembilan berasal dari Kanada, yaitu Keluarga Thomson. Bisnis keluarga ini bermula pada tahun 1930-an ketika Roy Thomson membuka sebuah stasiun radio di Ontario, Kanada.

    Dari bisnis radio, keluarga ini berekspansi ke bisnis surat kabar hingga  akhirnya dianugerahi gelar bangsawan “1st Baron Thomson of Fleet.”  Keluarga Thomson adalah pemegang  sekitar dua pertiga saham perusahaan penyedia data dan layanan keuangan Thomson Reuters,  melalui perusahaan investasi Woodbridge. Total kekayaan mencapai US$53,9 miliar.

    10. Keluarga Hoffmann Oeri, Roche

    Roche adalah  perusahaan pembuat obat-obatan asal Basel, Swiss. Roche terkenal dengan obat-obatan onkologi yang sangat sukses. Total kekayaan Keluarga Hoffmann Oeri mencapai US$45,1 miliar.

    11. Keluarga Albrecht, Aldi

    Aldi adalah singkatan dari  Albrecht-Discount,  sebuah jaringan supermarket yang mempunyai cabang paling banyak di Jerman. Tipikal Aldi  adalah  memajangkan barang-barang yang praktis dan tidak begitu mementingkan dekorasi berlebihan.

    Sejak 1960-an kakak beradik keluarga Albrecht membagi bisnis dengan menghasilkan, Aldi Nord dan Aldi Süd, yang  sukses mengoperasikan lebih dari 10.000 gerai secara keseluruhan. Berdasarkan data Bloomberg, total kekayaan keluarga Albrecht mencapai US$ 41,4 miliar.

    12. Keluarga Johnson Fidelity, Fidelity Investments

    Perusahaan investasi asal Boston, Fidelity Investments didirikan oleh Edward C. Johnson II pada tahun 1946. Perusahaan itu kini  dikelola  Abigail, cucu Edward. Total kekayaan keluarga Johnson Fidelity  mencapai US$ 40,2 miliar.

    13. Keluarga Ferrero, Ferrero

    Ferrero adalah perusahaan permen cokelat global. Selain itu, Ferrero juga ekspansi ke permen karet sejak tahun 2018. Keluarga Ferrero mengelola uang  melalui  Fedesa yang berbasis di Monaco, dan Teseo Capital yang berbasis di Luxembourg, Belgia. Total kekayaan Keluarga Ferrero mencapai US$37,1 miliar.

    14. Keluarga Boehringer von Baumbach, Boehringer Ingelheim

    Perusahaan farmasi asal Jerman Boehringer Ingelheim didirikan pada tahun 1885 oleh Albert Boehringer. Lebih dari 130 tahun kemudian, keluarga Boehringer, termasuk von Baumbachs masih memimpin perusahaan itu. Total kekayaan keluarga Boehringer von Baumbach mencapai US$36,6 miliar.

    Michael Bambang Hartono

    15. Keluarga Hartono, Grup Djarum

    Di deretan ke-15 keluarga terkaya di dunia adalah  konglomerat asal Indonesia, yaitu Keluarga Hartono. Total kekayaan keluarga Hartono mencapai US$36,3 miliar.

    Perjalanan bisnis  Keluarga Hartono dimulai dari Oei Wie Gwan yang membeli merek rokok pada 1950-an dan mengubah namanya menjadi Djarum. Dari bisnis yang  hanya mempekerjakan  10 orang karyawan, kini Djarum   menjadi salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia.

    No Comments

      Leave a Reply