Varian XBB Terdeteksi di Indonesia, Menkes: Negara Belum Aman dari Pandemi

October 23, 2022

BRIEF.ID – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, negara belum bisa dikatakan aman dari pandemi Covid-19. Sampai saat ini masih terjadi berbagai mutasi varian baru yang sewaktu-waktu dapat menular di Indonesia.

Indonesia berhasil mengendalikan pandemi lebih baik dibandingkan pada awal tahun 2020, saat pandemi Covid-19 pertama kali terjadi atau pada Juli 2021 akibat varian Delta, yang mematikan.
Contohnya adalah varian XBB dan BA.2.7.5 yang terjadi di India. Saat ini, varian XBB sudah mengepung kawasan Asia Tenggara seperti Singapura dan Indonesia.

“Singapura sekarang kasusnya naik lagi ke 6.000 per hari, karena ada kasus varian baru XBB. Varian ini juga sudah masuk di Indonesia dan sedang kita amati terus,” kata Menkes saat menyampaikan Capaian Kerja Pemerintah Tahun 2022 secara daring di Jakarta.

Menkes mengapresiasi sikap masyarakat Indonesia yang dinilainya patuh menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial.

Kepatuhan itu, lanjutnya, membantu pemerintah dalam penanganan pandemi di Indonesia. “Terbukti dengan jumlah kasus mencapai hampir 600 ribu per hari. Sekarang turun di bawah angka 2.000 per hari,” kata Menkes.

No Comments

    Leave a Reply