Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Palestina dan Sudan

April 3, 2024

BRIEF.ID – Pemerintah Indonesia mengirim bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina dan Sudan. Bantuan yang dikirim terdiri atas obat-obatan, peralatan Kesehatan, dan kebutuhan lainnya, yang secara keseluruhan bernilai Rp 30 miliar.

“Bantuan yang dikirim telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan, serta sesuai permintaan resmi dari Pemerintah Mesir dan Pemerintah Sudan,” kata Presiden Joko Widodo  saat melepas pengiriman bantuan kemanusiaan  di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta,  Rabu (3/4/2024).

Ia mengatakan, pengiriman bantuan  menujukkan komitmen Pemerintah Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia dan terlibat aktif dalam berbagai misi kemanusiaan, baik karena perang maupun bencana.

“Kita turut prihatin atas peristiwa kemanusiaan yang terjadi di Gaza dan juga konflik internal  di Sudan, yang menimbulkan banyak korban. Karena itu, untuk kesekian kalinya kita kembali melakukan misi kemanusiaan dengan mengirim bantuan ke Mesir dan Sudan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, bantuan ini akan diantar langsung ke Mesir dan Sudan di bawah kepemimpinan Kepala  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)   Suharyanto bersama jajaran Kementerian/Lembaga dan mitra pemerintah.

“Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Gaza dan di Sudan,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply