Pegadaian & 18 Perguruan Tinggi Ciptakan SDM Unggul Bersertifikat

August 20, 2019

Jakarta, 20 Agustus 2019 – PT Pegadaian (persero) berkomitmen membangun kapasitas sumber daya manusia (SDM) unggul yang dicanangkan pemerintah, ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dengan 18 Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Kami sangat mendukung program pemerintah untuk menciptakan SDM Unggul. Melalui program pemagangan merupakan implementasi link and match antara dunia pendidikan dengan dunia kerja. Diharapkan melalui program magang (PMMB) ini para lulusan universitas siap kerja,” kata Kepala Divisi Pegadaian Corporate University Rofiq Aviv Azis di Gedung Langen Palikrama, Kantor Pusat Pegadaian, Jakarta, Senin (19/8).

Rofiq menjelaskan program tersebut diikuti oleh 147 orang peserta dari 18 perguruan tinggi di Indonesia. Pesertanya merupakan mahasiswa yang masih aktif maupun fresh graduate. Dia menambahkan program Magang Mahasiswa Bersertifikat bertujuan untuk menciptakan Sumber Daya Manusia yang dapat bersaing di pasar global saat ini.

PMMB dilaksanakan selama 6 bulan yang tersebar di Pegadaian seluruh Indonesia di sesuaikan dengan tempat perguruan tinggi itu berada. Peserta PMMB akan diberikan materi pengenalan perusahaan atau induksi secara online mandiri.

“Selama 6 bulan mahasiswa yang mengikuti program ini dibimbing oleh seorang mentor yang kita tunjuk dan peserta akan dievaluasi setiap bulan dan diakhir magang. Apabila peserta dapat mengikuti pmmb ini sampai 6 bulan sampai dengan selesai, maka akan diberikan sertifikat industri,” ujarnya.

Pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat tanggal 19 Agustus 2019 sampai dengan 18 Februari 2020, penempatan peserta disesuaikan dengan daerah Universitas.

Perguruan tinggi yang terlibat dalam program tersebut diantaranya Sekolah Tinggu Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Universitas Pancasila, Universitas Borobudur Jakarta, STIKOM London School of Public Relations, Politeknik LP3I Jakarta, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Pos Indonesia Bandung, Universitas Internasional Semen Indonesia, Universitas Fajar Makassar, Universitas Alma Ata, STIM NITRO (Institut Bisnis dan Keuangan NITRO) Makassar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Institur STIAMI.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini sedang menggalakkan program magang bersertifikat yang bekerja sama dengan 25 universitas terdiri dari universitas swasta dan universitas negeri. Ribuan mahasiswa akan magang pada posisi tertentu di 63 BUMN yang membutuhkan. Nantinya, Sebanyak 2.732 mahasiswa dari 25 universitas tersebut terdaftar pada tahap pertama program magang tersebut.

Beberapa BUMN yang melakukan program magang bersertifikat bagi mahasiswa antara lain, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Nasional Indonesia Tbk, PT Taspen (Persero), Perum Bulog, PT Waskita Karya Tbk, Perum Perikanan Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Perkebunan Nusantara III, DAMRI dan Krakatau Steel.

Sebelumnya Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan, keterlibatan BUMN dalam Program Pendidikan Vokasi merupakan bentuk komitmen BUMN sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam mendukung kemajuan dan kemandirian bangsa. Adanya keterlibatan BUMN merupakan sinergi saling menguntungkan dalam membangun SDM unggul yang lahir dari program ini akan menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN.

No Comments

    Leave a Reply