Pembiayaan Investasi Dukung Percepatan Transformasi Ekonomi Inklusif

March 25, 2024

BRIEF.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pembiayaan investasi berkontribusi positif untuk mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Tanah Air.

“Tahun 2024  ada Rp176,2 triliun, apa yang disebut pembiayaan investasi. Mayoritas untuk mendukung pembangunan infrastruktur,” kata  Menkeu dalam Konferensi Pers APBN Kita di Jakarta, Senin (25/03).

Menkeu menjelaskan, dari pembiayaan investasi, dana sebesar Rp55,22 T dialokasikan untuk klaster infrastruktur, di antaranya diberikan kepada BUMN Hutama Karya, Wijaya Karya, Sarana Multigriya Finansial, Len Industri, dan Indonesia Financial Group.

Pembiayaan investasi kepada BLU/badan hukum lainnya ditujukan untuk penyediaan lahan infrastruktur proyek strategis nasional, peningkatan akses masyarakat untuk pendidikan dan keberlanjutan pengembangan pendidikan, peningkatan ekspor nasional ke pasar global, menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan memperkuat posisi Indonesia dalam hubungan internasional.

“Sampai dengan 15 Maret 2024 telah terealisasi sebesar Rp1,87 triliun  untuk klaster kerja sama internasional,” kata Menkeu.

Ia menjelaskan jumlah tersebut, pembiayaan diberikan kepada Islamic Development Bank Group untuk project financing, trade financing, technical assistance operation, dan special assistance operation. Pinjaman International Development Association dikhususkan pada low income countries dengan prioritas pada bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan pembangunan lokal termasuk pertanian dan perikanan.

Sementara itu, pembiayaan investasi pada International Fund for Agricultural Development dimanfaatkan pada berbagai proyek dalam rangka menaikkan tingkat ketahanan pangan

No Comments

    Leave a Reply