Usman Hamid: Jokowi Rendahkan Jabatan Kepresidenan Demi Gibran

February 1, 2024

BRIEF.ID – Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia (AII)  Usman Hamid menegaskan,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) merendahkan jabatan kepresidenan demi anaknya Gibran Rakabuming Raka yang maju sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres),  pada Pilpres 2024.

Agenda Jokowi yang akhir-akhir ini kerap turun ke daerah terutama di Jawa Tengah (Jateng) untuk membagikan bantuan sosial (Bansos) kepada rakyat  merupakan bentuk penyalahgunaan sumber daya negara.

“Harusnya sadar diri, pembagian bansos adalah urusan Kementerian Sosial bukan peresiden. Dia merendahkan jabatan kepresiden untuk kepentingan Gibran,” kata Usman di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Dikatakan, bansos  berasal dari uang rakyat dan ditujukan untuk rakyat, sehingga bukan milik partai politik (parpol) atau perorangan.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan,  menteri hingga presiden bisa memihak dan berkampanye sesuai UU Pemilu.

Pada Pilpres 2024, ada tiga pasangan calon (paslon) yakni paslon nomor 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, paslon nomor 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang juga putra sulung Jokowi. Selanjutya, paslon nomor 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Diketahui, Jokowi akhir-akhir ini sering berkegiatan di wilayah DI Yogayakarta dan Jawa Tengah menjelang Pilpres 2024. Dia berkunjung ke Jawa Tengah pada 22-23 Januari 2024 atau sepekan setelah Ganjar Pranowo berkeliling ke wilayah itu.

Melansir laman resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Jokowi didampingi Iriana Joko Widodo berkunjung ke Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin (22/1/2024) untuk memastikan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) telah diterima dengan baik.

Jokowi juga meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Salatiga, Jawa Tengah, untuk mengecek kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selanjutnya, berkunjung ke DI Yogyakarta pada Sabtu (27/1/2024) hingga Minggu (28/1/2024) dan sempat bermain sepak bola bersama anak-anak.

Di sana, dia  bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mereka naik sepeda dan sarapan  bersama.

Sehari kemudian, Jokowi berkunjung ke Magelang, Jateng, dalam rangka peresmian di Akademi Militer (Akmil),  didampingi  Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Wilayah Jawa Tengah dan DIY selama ini dikenal sebagai basis suara dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) atau “Kandang Banteng.”  

Lebih lanjut, Usman menyebut bahwa saat ini cukup banyak lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang memantau jalannya pemilu seperti Perludem.

Menurutnya, lembaga itu menunjukkan ada temuan awal kecurangan pemilu, sehingga berinisiatif untuk menjaga pemilu dan menjaga suara rakyat menjelang Pilpres 2024.

No Comments

    Leave a Reply