Anies Baswedan Sebut Kolaborasi Pemerintah-Aktivis Lindungi Pekerja Migran Indonesia

February 5, 2024

BRIEF.ID – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 1, Anies Baswedan menyatakan,  pemerintah harus berkolaborasi dengan aktivis untuk melindungi pekerja migran Indonesia (PMI) yang terjerat masalah di berbagai negara, mulai dari masalah hukum, pelecehan, hingga kesehatan mental.

Kolaborasi itu  penting dilakukan lantaran pengetahuan tentang permasalahan PMI di negara-negara tempat bekerja cenderung banyak diketahui  para aktivis.

“Harus dilibatkan para aktivis pekerja migran, mereka yang tahu lubang-lubang masalah di dalam melindungi pekerja migran,” kata Anies pada Debat Kelima Capres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (4/2/2024) malam.

Anies mengaku, melihat pengetahuan aktivis yang besar mengenai PMI usai  berjumpa  para PMI, yang bekerja di Malaysia saat datang ke Desa PMI di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Menurut Anies,  memiliki kewenangan di pemerintah tidak berarti mempunyai  pengetahuan yang besar tentang permasalahan PMI selama ini. Pemerintah  melindungi PMI sejak sebelum keberangkatan hingga para pekerja sampai di negara tujuan. Namun, mantan gubernur DKI Jakarta itu  mengatakan, selama para PMI bekerja di negeri orang, banyak sekali lika-liku, di mana pemerintah maupun para pejabat birokrat tidak banyak mengetahui.

“Dengan kewenangan yang dimiliki negara dan pengetahuan yang dimiliki aktivis, kita bisa eksekusi untuk melindungi dan memastikan PMI bisa hidup dan bekerja dengan tenang di sana,” ujar dia.

No Comments

    Leave a Reply