Investasi Demokrasi Sangat Mahal, Ganjar Pranowo Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kawal Pemilu 2024

February 3, 2024

BRIEF.ID – Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, mengajak seluruh elemen masyarakat mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar tetap konsisten sesuai demokrasi  pada Era Reformasi.

Ajakan  itu dikemukakan Ganjar dalam orasinya di acara “Indonesia Berg3ma”  di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. Acara itu merupakan rangkaian Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta  Sabtu (3/2/2024).

Menurut Ganjar, sistem demokrasi di Indonesia adalah investasi yang sangat mahal harganya, karena dicapai melalui rentetan peristiwa bersejarah dan pengorbanan seluruh elemen masyarakat, termasuk mahasiswa dan buruh.

Salah satunya adalah peristiwa 1998 ketika desakan mahasiswa dan buruh serta seluruh rakyat mampu meruntuhkan pemerintahan Orde Baru, yang ditandai dengan mundurnya Presiden Soeharto.

Ganjar mengingatkan, jangan sampai kejadian kelam di tahun 1998 yang menyebabkan huru-hara terulang kembali, akibat demokrasi  dirongrong oleh kebobrokan seperti pada era Orde Baru.

“Konsistensi ini perlu dikawal karena investasi demokrasi mahal sekali. 98 kota ini terbakar, jangan sampai itu terulang lagi, sekali lagi jangan sampai itu terulang lagi,” ujar Ganjar, Jumat (2/2/2024).

Capres berambut putih itu mengungkapkan, pelaksanaan demokrasi khususnya dalam sebuah pemerintahan harus berjalan dengan sehat dan penuh konsistensi. Pasalnya, pemerintah yang menjadi pimpinan tertinggi dalam sebuah negara harus memberikan contoh yang baik dan menjadi teladan bagi seluruh rakyat.

“Ketika kita akan berdemokrasi,  maka berikan ruang untuk berkontestasi dengan sehat. Setuju ya? Kalau kita mau bicara semuanya mesti konsisten, siapa yang boleh netral dan boleh berpihak. Tidak boleh saling tuker-tukeran begitu,” kata Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menilai, kondisi demokrasi Indonesia seiring penyelenggaraan Pemilu 2024 sedang dalam situasi yang mengkhawatirkan dan perlu dikawal oleh seluruh elemen masyarakat.

Ganjar  mengapresiasi seluruh perguruan tinggi yang telah menyuarakan keprihatinannya, sehingga menjadi peringatan untuk penyelenggaraan demokrasi yang lebih sehat di masa Pemilu 2024.

“Perjalanan demokrasi kita hari ini lagi mendapatkan tantangan. Tapi saya bangga juga karena kampus mulai bangun dari tidurnya. Mulai dari UGM, UII, UI, tadi saya dengar UNPAD dan Trisakti sudah siap-siap,” ucap Ganjar. (Jeany Aipassa)

No Comments

    Leave a Reply