TPN Ganjar-Mahfud Luncurkan 4 Aplikasi Ramah Pengguna, Pembuka Akses, dan Pencegah Disinformasi

January 5, 2024

BRIEF.ID – Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar – Mahfud secara resmi meluncurkan aplikasi untuk meningkatkan aksesibilitas sekaligus mencegah terjadinya disinformasi di kalangan para pemilih, yang tersebar di Indonesia dan berbagai negara.

Ada pun 4 aplikasi ekosistem digital ramah pengguna yang diperkenalkan kepada publik adalah Ganjar Twin AI, GPMMD3, OMG (Oke Mas Ganjar), Ganjar Mahfud App.

“Kemajuan teknologi menjadi cara tercepat menyampaikan pesan politik. Dan, ini dapat berdampak luas untuk cara pemilih, politisi, dan wartawan, menilai sosok dan program pasangan Capres Ganjar – Cawapres Mahfud,” kata Deputi Operasi 247 TPN Ganjar-Mahfud, Denon Prawiraatmadja, di Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Pada kesempatan itu, Denon juga memperkenalkan SKRP Technology, yang dikembangkan Tim Malang. SKRP Technology telah digunakan untuk manajemen organisasi dan aktivitas di lebih dari 14 organisasi relawan di seluruh Indonesia.

Teknologi SKRP menjadi salah satu backbone pengolahan big data, hub informasi, dan task management yang memiliki berbagai fitur yang mudah digunakan para relawan.

Denon mengatakan, keempat aplikasi yang diperkenalkan, selain memiliki fungsi eksternal, juga menjadi bekal bagi para juru kampanye (Jurkam) dan relawan dalam menyebarluaskan program prorakyat yang diusung Ganjar-Mahfud, pada Pilpres 2024.

Selain itu, ekosistem digital ini akan melindungi calon pemilih dari berbagai berita palsu alias hoaks. Bahkan, peran aplikasi ini dapat melampaui media sosial (Medsos) yang nyaris tidak memiliki aturan, sering menjebak dengan narasi dangkal, dan palsu.

“Itu sebabnya, TPN Ganjar-Mahfud menerapkan teknologi sebagai salah satu strategi kampanye Pilpres 2024. Kita punya sebuah amunisi jitu, yaitu ekosistem digital Ganjar-Mahfud. Alhamdullilah, ini akan menjadi amunisi super hasil karya gotong-royong begitu banyak relawan Ganjar Mahfud,” jelas Denon.

Adapun keempat aplikasi itu terdiri atas,

  1. Aplikasi Ganjar Twin AI
    Arsjad mengatakan, Aplikasi Ganjar Twin AI yang akrab disebut Ganjar AI berisi konten Chat GPT, yang dibuat Relawan Ganjar Berkarya. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membedah visi-misi 21 Program Sat Set Ganjar-Mahfud.

Ganjar AI merupakan hasil kolaborasi startup The Twin AI dan Relawan Ganjar (RAGA) dari Pulau Bali, yang dimotori Purwo Handoko bersama komunitas relawan yang terdiri atas teman-teman sekolah Ganjar Pranowo sewaktu menuntut ilmu di SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Kelompok ini menamai dirinya Relawan Ganjar Berkarya (RGBe).
Secara terpisah, Juru Bicara Ganjar AI, Suka Antarayasa menyatakan, bahwa Ganjar AI dirancang untuk membantu tim pemenangan dan para relawan menyampaikan program dan visi misi pasangan Ganjar – Mahfud kepada masyarakat.

Sebagai sarana kampanye, lanjutnya, Ganjar AI dapat digunakan seluruh tim pemenangan dan para relawan dalam membuat narasi yang baik terkait program unggulan pasangan Ganjar Mahfud. Bahkan, publik secara mandiri dapat mengakses informasi tentang visi misi dan program kerja Ganjar-Mahfud.

“Ganjar AI dirancang untuk memahami dan merespons berbagai pertanyaan pengguna serta memberikan informasi komprehensif tentang program kerja dan visi misi Ganjar Pranowo sebagai salah satu kandidat Presiden Indonesia,” kata Suka.

  1. Super App GPMMD3
    Super App GPMMD3 adalah aplikasi serba ada yang diciptakan Relawan MotoGP atau Mobilitas Total Ganjar Pranowo, yang terdiri atas alumni Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Angkatan 87.

Juru Bicara MotoGP, Arvin mengatakan, super aplikasi ini bertujuan untuk mendukung secara maksimal Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menawarkan beragam informasi dan update terkini aktivitas Ganjar- Mahfud.

“Aplikasi ini memungkinkan siapa pun berpartisipasi mengawal suara atau melaporkan adanya kecurangan, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud,” kata Arvin.

Disebutkan, Super App ini juga diperkaya fitur pemindai KTP Otomatis, LaporGan, Chat GPMMD 24 Jam, Galeri, dan GP Point. Bahkan, kegiatan Pasca Pemilu, SuperApp ini dapat mengawal jalannya kotak suara melalui fitur Kawal TPS dan Kawal Kotak Suara via LaporGan.

“Super App GPMMD3 hadir sebagai komitmen nyata Relawan MoTo GP untuk memenangkan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024. Aplikasi ini bukan hanya sekadar platform teknologi, juga menjadi wadah partisipasi aktif masyarakat menjaga integritas demokrasi,” kata Arvin.

  1. OMG (Oke Mas Ganjar)
    Sementara itu, salah satu penanggung jawab Aplikasi OMG (Oke Mas Ganjar), Daned Haricoyo mengatakan, aplikasi OMG menjadi wahana bagi kalangan anak muda untuk bicara.

“Pilpres 2024 ditandai dominasi kaum muda, khususnya Generasi Z dan Milienial di barisan terdepan pemilih. Alumni Menteng 64, pendukung Ganjar-Mahfud (AM64) menginisiasi lahirnya aplikasi Oke Mas Ganjar (OMG) yang ditujukan kepada kaum muda calon pemilih paslon Nomor Urut 3, Ganjar-Mahfud,” kata Daned.

Ia mengatakan, saat ini aplikasi OMG telah tersedia di platform Play Store dan App Store, yang dilengkapi fitur utama, di antaranya Curhat, Podcast, dan Event.

Fitur Podcast adalah ruang yang dapat diisi kegiatan bincang-bincang khas kaum muda. Topik yang diangkat pun beragam, terkait visi misi, program unggulan Ganjar-Mahfud, dan perhatian kaum muda saat ini.

Sedangkan fitur Event dapat digunakan semua kelompok relawan Ganja-Mahfud, Tim Pemenangan Nasional, Tim Pemenangan Daerah, Tim Pemenangan Cabang, Calon Legislatif, dan Partai Pendukung untuk menginformasikan serta menyebarluaskan kegiatan-kegiatan pengumpulan massa pendukung Ganjar-Mahfud.

Selain itu, fitur Event dapat digunakan untuk Pendaftaran peserta kegiatan. Untuk setiap kegiatan yang berbeda OMG akan menyediakan barcode khusus.

  1. Ganjar-Mahfud App
    Kepala Sekretariat Pimpinan TPN Ganjar-Mahfud, Regi Wahyu mengungkapkan, aplikasi keempat adalah Ganjar-Mahfud App yang khusus dibuat teman-teman muda Ganjar Pranowo.

Aplikasi ini berperan sebagai aggregator dan menyediakan berbagai macam konten komunikasi tentang Ganjar-Mahfud.

“Tanpa terkecuali, siapa saja yang ingin mempromosikan Ganjar-Mahfud, dapat dengan mudah mengambil materi komunikasi dari aplikasi ini,” jelas Reggy.

Reggy mengungkapkan, kelebihan keempat aplikasi ini adalah dapat menghadirkan pengalaman tersendiri bagi calon pemilih dan menjadi bagian penting dalam proses pelaksanaan Pilpres 2024.
“Daripada membaca posisi kebijakan seseorang di situs web. Aplikasi ini kaya kreativitas, ada chatbot AI dengan platform yang menghadirkan jawaban, dan didukung data sehingga membuat penggunanya merasa terhubung langsung dengan kegiatan kampanye,” kata Reggy.

Aplikasi Jangkar Ganjar
Lebih lanjut Reggy mengatakan, seiring meningkatnya kebutuhan solusi teknologi dalam kampanye politik, TPN Ganjar-Mahfud juga meluncurkan aplikasi revolusioner “Jangkar Ganjar” yang dirancang untuk mendukung organisasi relawan dan tim relawan mendukung pemenangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

Disebutkan, “Jangkar Ganjar” dapat memonitoring kegiatan kampanye yang memungkinkan pengguna melacak dan memonitor kegiatan kampanye para relawan dan tim,

“Jangkar Ganjar menyediakan data aktual dan analisis real-time. Koordinasi Antar Organ Relawan, memfasilitasi integrasi dan koordinasi antar berbagai organ relawan. Jadi, “Jangkar Ganjar” memastikan komunikasi yang efektif dan sinergi yang kuat antar tim,” jelas Reggy.

Selain itu, terdapat fitur Pelaporan Lapangan terkait laporan terkait kejadian di lapangan, aplikasi ini membantu tim mendokumentasikan setiap aspek penting kampanye, memastikan transparansi, dan akuntabilitas.

“Kami percaya bahwa “Jangkar Ganjar” akan menjadi alat vital dalam memastikan bahwa setiap relawan dan tim kampanye bekerja secara maksimal. Aplikasi ini dirancang untuk mendukung mereka dalam setiap aspek teknis dan operasional kampanye,” pungkas Reggy.

No Comments

    Leave a Reply