Program SMK Gratis Ganjar-Mahfud, Hasilkan Anak Bangsa Berdaya Saing dan Angkat Derajat  Keluarga Miskin

January 4, 2024

BRIEF.ID – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo akan menerapkan secara nasional  Program  SMK Gratis untuk masyarakat miskin, jika terpilih sebagai Presiden ke-8 RI, periode 2024-2029, pada  Pilpres 2024.

Program itu  terbukti berhasil mengubah kehidupan masyarakat miskin saat diterapkan di Provinsi Jawa Tengah, pada masa kepemimpinan Ganjar Pranowo sebagai gubernur, periode 2013-2023.    

Turiman,  yang bekerja  sebagai penjaga makam,  mengaku sangat bahagia ketika putranya bernama  Sevolana Bondan Sirait  lulus sebagai lulusan terbaik program SMK Gratis  Jawa Tengah.

Menurut Turiman, adanya program SMK Gratis, selain membantu keluarga, anaknya yang bersekolah tidak perlu lagi membayar biaya pendidikan, seragam, makan, dan  asrama karena disediakan pemerintah.

“Bersekolah gratis, semuanya gratis. Seragam, sepatu, alat tulis, makan sampai asrama gratis. Kalau tidak ada SMK  Jawa Tengah,  mungkin anak saya hanya lulus SMP,” kata Turiman  usai menghadiri wisuda putranya.

Kebahagiaan Turiman tak cukup sampai di situ,  putranya Sevolana sebagai lulusan terbaik, juga mendapat beasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia (UI).

“Saya tidak bisa berbicara apa-apa. Saya senang dan bangga,” tuturnya.

Sangat Membantu

Selain Sevola,   Dhimas Taufiq yang tercatat sebagai  alumni SMK Jawa Tengah  kini bekerja  sebagai anggota Brimob Polri. Ia mengaku  program SMKN Gratis  sangat membantunya.

“SMK jurusan apa?,” tanya Ganjar.

“Jurusan Teknik Otomasi Industri,” jawab Dhimas.

“Lho kok milihnya malah menjadi Brimob?,” tanya Ganjar lagi.

“Dulu dari TK saya ingin menjadi tentara, tapi karena ada pendaftaran Polisi lebih dulu saya memilih mendaftar Polisi dulu,” jelas Dhimas.

“Ternyata diterima di Polisi ya,” timpal Ganjar.

Dhimas menyatakan bahwa ibunya hanya bekerja sebagai  pesuruh kantor (office girl). Setelah  lulus dari SMKN dan menjadi Brimob, ia meminta orang tuanya  mengundurkan diri  dari pekerjaannya dan  memberikan mereka modal  berjualan.

“Saya setelah lulus jadi polisi, Ibu saya, saya minta berhenti bekerja.  Ibu mau jualan ndak apa-apa, nanti saya yang modalin,” katanya.

Dhimas mengatakan, dulu kehidupan keluarganya sangat serba kesulitan. Kini, hidup keluarga menjadi serba kecukupan.

Rasa syukur, haru, dan bangga juga diungkapkan  Mbah Sadiyem, warga Boyolali, Jawa Tengah saat Ganjar meluncurkan  SMK Gratis.  Sadiyem  senang  cucunya dapat bersekolah secara gratis, bukan hanya mimpi belaka.

Bukan tanpa sebab, Sadiyem  dalam kehidupan sehari-hari harus membanting tulang untuk  menghidupi cucu-cucunya. Salah seorang cucunya bernama  Obid (14 tahun), kata dia,  selalu meminta sekolah.

Namun, keinginan Obid  terkendala biaya, lantaran penghasilan Sadiyem  sebagai petani  tidak mencukupi. Sementara itu, orang tua cucunya sudah meninggal dan anak-anak itu hidup sebagai yatim piatu.

“Ya senang sekali, alhamdulillah cucu saya bisa sekolah. Sudah lama dia minta sekolah, tapi untuk bersekolah di SMP saja, saya  kesulitan,” jelas Sadiyem.

Pendidikan Mumpuni

Ganjar  secara tegas menegaskan komitmennya untuk membantu masyarkat miskin mengakses  pendidikan yang mumpuni. Hal itu akan diwujudkan melalui program SMK Gratis, yang alumninya langsung bekerja.

Janji Ganjar itu disampaikan pada peluncuran  program “SMK  Gratis Langsung Kerja”  di Lapangan Pule, Wonogiri, Jawa Tengah, pada  29 Desember 2023.

Capres berambut putih itu menyampaikan,  program “SMK Gratis Langsung Kerja”  sangat konkret,  karena menjadi wahana untuk  mengangkat derajat kehidupan keluarga anak bangsa.  

“Jadi kalau pemerintah melakukan survei, keluarganya tidak lagi masuk dalam kategori miskin, karena pendidikan. Maka dengan mengucap Bismillahirahmanirahim seperti yang Bapak  harapkan,  kami akan menggelar SMK Gratis se-Indonesia untuk keluarga miskin,” kata Ganjar disambut antusias warga yang hadir.

Ganjar berharap  program tersebut menjadi ikhtiar untuk Indonesia lebih maju dan menekan angka kemiskinan.

“Mudah-mudahan ini menjadi ikhtiar bersama kita agar anak-anak Anda, Indonesia lebih maju agar keluarga miskin makin bisa hidup lebih baik pergi meninggalkan kemiskinannya karena ada sekolah SMK Gratis dan langsung bekerja,” ungkapnya.

Diakuinya,  menjadi kewajiban Pemerintah memberikan pemenuhan pendidikan kepada warganya.

Ia   memohon dukungan masyarakat, jika nanti  terpilih sebagai Presiden ke-8 RI, pada Pilpres 2024 bersama Mahfud MD program SMK Gratis langsung kerja ini bisa diterapkan

“Pemerintah  yang akan menjembatani antara sekolah dan industri. Terima kasih mohon dukungannya mudah-mudahan ini bisa sukses bagi  mereka yang memang membutuhkan,” pungkasnya.

No Comments

    Leave a Reply