Konsisten Rebound, Ganjar-Mahfud Lolos ke Putaran Kedua Pilpres 2024

January 4, 2024

BRIEF.ID – Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli menyatakan, elektabilitas pasangan capres cawapres Ganjar-Mahfud MD  dalam dua survei terakhir konsisten mengalami rebound. Pasangan nomor urut 3 ini,  dipastikan masuk putaran kedua  Pilpres 2024.

Berdasarkan  survei yang dirilis Lembaga survei Ide Cipta Research and Consulting (ICRC), Minggu (31/12/2023), pasangan nomor urut 3 ini di  putaran kedua  akan berhadapan dengan Prabowo Gibran.

“Jika dilihat dari data survei ICRC terbaru ini, maka Pilpres 2024 masih diprediksikan akan terjadi 2 putaran,” kata Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli di Jakarta,  Kamis (4/1/2024).

hasil survei  ICRC, Prabowo-Gibran  memiliki elektabilitas tertinggi dengan angka sebesar 39,4%. Sementara itu pasangan Ganjar-Mahfud di posisi kedua dengan angka 29,1%. Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh hasil sebesar 25,6%.

Populasi dalam survei ini adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.230 orang dengan margin of error sebesar ±2.79%, pada tingkat kepercayaan 9.

Meski  berada di urutan kedua,  pasangan nomor 3 ini harus memperbesar raihan suaranya di wilayah Jawa Barat. Selain itu, Ganjar-Mahfud juga harus bisa mempertahankan dan bahkan memperbesar angka elektabilitias di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mendapat 55,9%.

“Jika nanti Ganjar mampu melaksanakan segala potensinya di Jawa Barat saya kira akan memberikan dampak untuk masuk ke putaran kedua,” katanya.

Selain  rebound, dalam hasil survei yang dirilis  Lembaga Indonesia Political Expert (IPE) pasangan Ganjar-Mahfud Md unggul atas Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming dan Anies-Muhaimin.

Direktur Survei IPE, Agustanto  menjelaskan, survei dilaksanakan selama tiga periode, yakni Agustus-September, November, dan Desember 2023, pasangan Ganjar-Mahfud berturut-turut memperolah elektabilitas 30,45%, 32,78%, dan 33,57%.

No Comments

    Leave a Reply