Situasi Covid-19 di Indonesia Menunjukkan Peningkatan Tren Kasus

December 15, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk mengikuti dan mengawasi secara detail perkembangan Covid-19 di Tanah Air. Saat ini, situasi Covid-19 di Indonesia menunjukkan peningkatan kasus.

“Saya sudah memerintahkan kepada Menteri Kesehatan untuk diikuti, diamati betul secara detail perkembangannya seperti apa. Sampai sekarang dari Menteri Kesehatan masih dalam kondisi baik,” ujar Presiden selepas meninjau pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase 2A di Stasiun MRT Monas, Jakarta,  Jumat (15/12/2023).

Jokowi mengatakan, meski hingga saat ini situasi terkait Covid-19 masih dalam kondisi baik, pemerintah akan terus mengikuti perkembangannya.

“Ya sampai saat ini masih terus diikuti dan diamati terus,” imbuhnya.

Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan, situasi Covid-19 di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan tren kasus, sejak pekan ke-41 atau periode 8-14 Oktober 2023. Kendati demikian, peningkatan tren kasus ini tidak diikuti dengan peningkatan rawat inap dan kematian.

Kasus Covid-19 kali ini didominasi oleh subvarian EG.5, yang  merupakan turunan dari varian omicron dan masuk dalam kategori variants of interest (VOI) atau varian yang memiliki mutasi genetik yang diprediksi dapat memengaruhi karakteristik klinis virus.

Gejala pada penderita EG.5

Alergi
Deman atau meriang
Batuk
Sesak napas
Kelelahan
Badan dan otot pegal
Sakit kepala
Sakit tenggorokan
Hidung berlendir
Mual dan muntah
Diare
Kehilangan penciuman dan pengecapan dalam jumlah sedikit

No Comments

    Leave a Reply