Gelorakan Semangat Kader dan Relawan di Mataram, Ganjar Pranowo: Jangan Lengah

December 3, 2023

BRIEF.ID – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menggelorakan semangat kader dan relawan Ganjar Pranowo -Mahfud MD pada acara konsolidasi di Hotel Grand Legi Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (3/12/2023).

Di hadapan para pendukungnya, Ganjar menyampaikan dua hal krusial. Pertama,  edukasi untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat pada Pemilu . Kedua,   menjaring aspirasi di tingkat akar rumput. Di sisi lain, ia mengingatkan para pendukung agar tidak lengah mengikuti mekanisme Pemilu 2024.

Pesta demokrasi lima tahunan  ini akan digelar  pada 14 Februari 2024.  Masyarakat, lanjutnya, wajib memilih pasangan Capres–Cawapres, Calon Legislatif (Caleg) anggota DPR RI, DPRD Provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota dan anggota DPD RI.

“Edukasi terkait teknis pemilu kepada masyarakat, khususnya milenial dan Gen Z penting dilakukan. Sebab, suara mereka mendominasi sebagai pemillih pada Pemilu 2024,” kata Ganjar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih. Dari jumlah itu, sebanyak 66,8 juta pemilih dari generasi milenial.

Dominasi Gen Z

Selain itu, pemilih dari gen Z juga mendominasi yaitu sebanyak 46,8 juta pemilih. Edukasi ini sebagai upaya untuk mendongkrak partisipasi mereka dalam pesta demokrasi serentak 2024.

“Partai-partai, caleg-caleg  berkumpul. Saya sampaikan dua hal.  Pertama, jangan lengah pada teknis pemilu karena masyarakat butuh pelatihan untuk bisa mencoblos.  Ini saya ingatkan pada kawan-kawan karena di beberapa titik  ada pemilih pemula dan kemudian  kertasnya cukup banyak. Ini saya ingatkan teknis Pemilu,” jelas Ganjar.

Capres yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura ini mengingatkan kepada elemen pendukung serta para caleg untuk meningkatkan konsolidasi akar rumput secara humanis menjaring problematika yang dirasakan masyarakat di berbagai daerah.

Ganjar mengajak seluruh relawan untuk bersama majukan Indonesia dari berbagai sektor serta mewujudkan demokrasi yang baik dan anti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Yang kedua, ada berkaitan tentang substansi terkait program ada dua hal: satu program visi misi dari capres cawapres Ganjar Mahfud sudah ada, tinggal dijelaskan. Namun demikian seringkali muncul problem-problem lokal yang musti diakomodasi maka saya mintakan kawan-kawan untuk mendengarkan suara rakyat,” tukas dia.  

No Comments

    Leave a Reply