Presiden Jokowi Disambut Dubes Rosan Perkasa Roeslani di Washington DC

November 13, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Washington DC, Amerika Serikat (AS), pada Minggu (12/112023) pukul 16.20 waktu setempat atau Senin (13/11/2023) sekitar pukul 04.20 WIB WIB.

Setelah menempuh kurang lebih 15 jam penerbangan dari Riyadh, Arab Saudi, pesawat Garuda Indonesia (GA-1) yang membawa Presiden Jokowi beserta rombongan mendarat di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC.

Di bawah tangga pesawat, Presiden Jokowi disambut  Penjabat Kepala Protokol AS Ethan Rosenzweigh, Duta Besar AS  untuk Republik Indonesia Sung Kim, Duta Besar Republik Indonesia untuk AS  Rosan Perkasa Roeslani, dan Atase Pertahanan KBRI Washington DC Marsma TNI Tjahya Elang Migdiawan.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan kemudian menuju hotel tempatnya menginap dan akan memulai agenda kerja esok hari.

Setibanya di hotel, tampak menyambut Presiden yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, DCM KBRI Washington DC Ida Bagus Bimantara beserta istri, dan Atase Polisi KBRI Washington DC Brigjend Oktavianus Marthin beserta istri.

Di Washington DC, Presiden Jokowi diagendakan bertemu  Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih. Presiden menilai hal tersebut sebagai kesempatan baik guna menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai situasi di Gaza.

“Kunjungan ini juga merupakan kesempatan baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” ujar Presiden saat memberikan keterangan pers di Bandara Internasional Juanda, pada Jumat malam, 10 November 2023, sebelum bertolak ke Riyadh.

No Comments

    Leave a Reply