World Culture Festival 2023 di Washington DC, Dubes Rosan: Ada Miniatur Indonesia

October 3, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani menyatakan bahwa ada miniatur Indonesia dalam penampilan  Wonderful Indonesia   saat tampil, pada World Culture Festival 2023  di National Mall, Washington DC, 29 September – 1 Oktober 2023.

Rosan bersama Ibu Ayu Heni Rosan yang menyaksikan langsung festival budaya global lima tahunan itu,  mengaku terpukau  menyaksikan nuansa etnik Indonesia di atas panggung.

“Luar biasa. Ada miniatur Indonesia. Beragam  nuansa etnik Indonesia ditampilkan. Ada  Batak, ada Jawa, ada Aceh,  Sunda, Bali, Banjar, Minahasa, dan Papua. Musik pengiring  tarian  merupakan hasil perpaduan lagu-lagu dari daerah-daerah itu. Jadi, sarat kearifan lokal Nusantara,” kata Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Ia  menyebut tarian kolosal  yang digubah seniman Tanah Air, seperti Rio Silaen, Sutan Martozet, dan Erna Widyastuti   melibatkan sekitar 200  penari serta mendapat banyak pujian dari negara-negara sahabat.

“Karya seniman Indonesia patut mendapat pujian. Diplomasi melalui karya seni,  dan ini sangat membanggakan,” jelas Rosan mengomentari  tarian yang digubah seniman Tanah Air, yaitu Rio Silaen, Sutan Martozet, dan Erna Widyastuti.

Pada kesempatan itu, ia secara khusus  mengapresiasi tokoh kemanusiaan dan perdamaian global Sri Ravi Shankar yang  telah menginiasi penyelenggaraan event  akbar ini dan  menggubahnya  menjadi ajang refleksi bersama tentang pentingnya perdamaian bagi masa depan dunia.

Sri Ravi Shankar dikenal sebagai  pemimpin spiritual asal India, yang  juga kerap disapa  Sri Sri  atau  Guruji atau Gurudev.  Ia juga dikenal sebagai  pemimpin spiritual dan pendiri Art of Living Foundation, yang dibentuk pada tahun 1981.

“Melalui parade budaya, musik dan tari, semua peserta yang hadir mewakili 180 negara dunia datang bersatu padu mendo’akan dan menyuarakan satu semangat tujuan yaitu perdamaian dunia. One world, one love,” kata dia.

No Comments

    Leave a Reply