Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

October 1, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Minggu (1/10/2023).

Pada upacara yang akan dimulai pada pukul 08.00 WIB, Presiden Jokowi akan hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Ibu Wury Ma’ruf Amin, dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.” Penetapan tema ini tertuang tertuang dalam Surat Nomor: 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang Pancasila sebagai dasar negara berdiri teguh dari berbagai upaya yang dilakukan untuk menjatuhkannya.

Keteguhan Pancasila meski diterjang berbagai upaya membelokkan ideologi bangsa menjadikannya pusaka yang diakui kesaktiannya. Peringatan ini juga sebagai tanda penghormatan kepada para pejuang yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI.

No Comments

    Leave a Reply