KTT AIS Forum 2023, Presiden Jokowi Sambut Pemimpin Negara Pulau dan Kepulauan

October 11, 2023

BRIEF.ID –  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan para pemimpin negara-negara pulau dan kepulauan yang akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023, di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Bali, Rabu (11/10/2023) pagi.

Pada acara penyambutan, Presiden Jokowi  menyalami, dan berfoto dengan para pemimpin negara. Setelah itu,  para delegasi menandatangani buku tamu dan  selanjutnya memasuki ruang pertemuan. Di dinding ruangan  terpasang  layar bernuansa dasar laut yang dipenuhi terumbu karang.

Kedatangan para para pemimpin negara-negara pulau dan kepulauan  diawali  Deputi Perdana Menteri (PM) Fiji Manoa Seru Nakausabaria Kamikamica, Deputi PM Tonga Samiu Kuita Vaipulu, dan PM Niue Emani Makamau Tagelagi.

Selanjutnya adalah PM Sao Tome dan Principe Patrice Emery Trovoada, PM Timor-Leste Xanana Gusmao, PM Tuvalu Kausea Natano, serta Presiden Mikronesia Wesley W. Simina.

AIS Forum adalah sebuah wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia yang bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global dengan empat area utama, yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum diadakan untuk menguatkan peran AIS Forum sebagai pusat solusi cerdas dan inovatif, serta sebagai platform gotong royong dalam mendorong agenda masa depan tata kelola laut global.

No Comments

    Leave a Reply