Ketua DPR: Presiden Usulkan Letjen TNI Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI

October 31, 2023

BRIEF.ID – Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, Letjen TNI Agus Subiyanto adalah calon tunggal Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui surat presiden (Surpres).  

Agus yang  dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), pada 25 Oktober 2023 akan menggantikan Laksamana Yudo Margono, yang akan  pensiun pada 26 November 2023.

“Nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto  yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” kata  Puan di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Puan mengatakan, berdasarkan  usulan Presiden, DPR  akan mengagendakan pelaksanaan fit and proper test  atau uji kelayakan dan kepatutan kepada calon Panglima TNI.  

Agus adalah lulusan Akademi Militer tahun 1991 dari kecabangan Infanteri (Komando Pasukan Khusus).

Pada 25 Oktober 2023, ia dilantik Presiden Jokowi sebagai Kepala Staf Angkatan Darat berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 89/TNI/2023, menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa purna tugas.

Selain itu, ia mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Letjen TNI menjadi Jenderal TNI didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 90/TNI/Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

No Comments

    Leave a Reply