Indonesia Berkomitmen Siapkan Dana Hibah Atasi Perubahan Iklim

October 12, 2023

BRIEF.ID –  Pemerintah Republik Indonesia  berkomitmen menyiapkan dana hibah yang dapat  dimanfaatkan untuk  mengatasi perubahan iklim dan pengembangan inovasi baru dan tata kelola laut  berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada penutupan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara Kepulauan dan Negara Pulau (Archipelagic and Island States/AIS  Forum), di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (11/10/2023).

Presiden Jokowi mengatakan, berbagai kerja sama AIS  telah memberikan manfaat  konkret kepada masyarakat, termasuk bagi masyarakat pesisir melalui pemberian beasiswa, pendanaan riset bersama, pengembangan AIS Blue Startup Hub, pelatihan digitalisasi UMKM, dan pengembangan pendanaan inovatif.

Selain itu,  wadah kerja sama  AIS juga memberikan manfaat strategis terkait dengan penghitungan karbon laut dan pelestarian hutan bakau.

“Bagi Indonesia laut bukan pemisah, tapi laut justru sebagai pemersatu, laut justru sebagai perekat dan penghubung. Oleh sebab itu, di Forum AIS, Indonesia mengajak seluruh negara yang hadir untuk tetap menjaga kesatuan dan kolaborasi, walaupun di tengah dunia yang terbelah, karena kolaborasi adalah kunci kemajuan,” kata Presiden Jokowi.

KTT AIS Forum 2023, yang berlangsung 10-11 Oktober 2023 dihadiri para pemimpin negara,  yaitu Presiden Mikronesia, Perdana Menteri Niue, Perdana Menteri São Tomé and Príncipe, Perdana Menteri Timor-Leste, dan Perdana Menteri Tuvalu.

Sementara itu, Fiji dan Tonga mengirimkan Deputi Perdana Menteri. Delapan negara mengirimkan menterinya,  yaitu Maladewa, Kepulauan Marshall, Palau, Seychelles, Singapura, Kepulauan Solomon, Sri Lanka, dan Papua Nugini.

No Comments

    Leave a Reply