Andi Amran Sulaiman Kembali ke Kabinet

October 25, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merombak Kabinet Indonesia Maju dengan memasukkan Andi Amran Sulaiman sebagai menteri pertanian (Mentan). Amran akan dilantik sebagai Mentan pada Rabu (25/10/2023) di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan itu disebut-sebut sebagai kembalinya Amran ke Kabinet, posisi yang pernah dipercayakan kepadanya pada 2014-2019.

Presiden Jokowi menyampaikan kepada wartawan bahwa perombakan kabinet dilangsungkan pekan ini.

“Lagi disiapkan,” ujarnya.

Presiden mengatakan, perombakan dilakukan untuk mengisi pos Mentan yang ditinggalkan Syahrul Yasin Limpo, yang terjerat kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Saat ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menahan Syahrul Yasin Limpo.

Penahanan itu membuat Presiden Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Mentan.

Selain pelantikan Amran sebagai Mentan, Presiden Jokowi juga dijadwalkan melantik Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang baru, Letjen TNI Agus Subiyanto. Agus akan menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman KSAD yang akan memasuki masa pensiun pada 19 November 2023.

Presiden Jokowi juga akan melantik Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia (RI) untuk Argentina, Sulaiman.

No Comments

    Leave a Reply