Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung, Presiden Jokowi: Nyaman

September 13, 2023

BRIEF.ID – Presiden  Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) nyaman digunakan, bahkan saat mencapai kecepatan masimal 350 kilometer (km) per jam.

Presiden Jokowi didampingi jajaran menteri menjajal KCJB dari Stasiun KCJB Halim, Jakarta Timur menuju Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Tampak Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto, Wakil Menteri BUMN Rosan Perkasa Roeslani, dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin,

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak sekitar 50 artis dan influencer, di antaranya Dira Sugandi, Alia Rahma, Ronni Ardhianto, Armand Maulana,  Raffi Ahmad, Savanna Azura, Happy Salma, Marsha Timothy, Vino G. Bastin, Nadia Soekarno, Addie MS, Gading Martin, Cak Lontong, Nilla Saraswati, Yuni Shara, Lukman Sardi, Lia Lukman, Neng Herbawati, Ulin Yusron, dan Dewa Budjana.

“Nyaman dan pada kecepatan  350  km per jam tidak terasa sama sekali, baik saat duduk maupun berjalan.  Inilah peradaban kecepatan,” kata Presiden Jokowi  saat melakukan uji coba KCJB di Stasiun  Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat,   Rabu (13/9/2023).

Presiden Jokowi  berharap kehadiran moda transportasi kereta cepat  dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berpindah dari penggunaan mobil pribadi ke transportasi umum sehingga  mengurangi kemacetan hingga polusi udara baik di Jakarta,  Bandung, dan sekitarnya.

“Karena setiap tahun kita kehilangan karena macet di Jabodetabek dan Bandung itu sudah lebih dari Rp100 triliun,” kata dia.

Segera Diresmikan

Presiden Jokowi juga menargetkan kereta cepat pertama di Indonesia itu  segera diresmikan dan dinikmati  masyarakat luas. Namun, Presiden Jokowi menyerahkan sepenuhnya  kepada manajemen Kereta Cepat Jakarta-Bandung, termasuk tarif yang akan ditentukan.

“Nanti yang menentukan juga manajemen Kereta Cepat berdasarkan juga nanti tentu saja konsultasi dengan Kementerian Perhubungan,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi  mengungkapkan, tarif yang berlaku bagi masyarakat akan melalui proses kalkulasi  matang  sehingga walaupun tidak diberikan subsidi  pemerintah, tarif KCJB akan tetap terjangkau.

“Tapi apapun yang paling penting kita ini mendorong agar masyarakat berpindah dari mobil ke transportasi massal, baik itu kereta cepat, MRT, LRT, bus,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply