Perjuangkan Kesejahteraan, Pekerja di FISIPOL UGM Bentuk Serikat Pekerja

September 2, 2023

Puluhan pekerja yang terdiri dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan kerja FISIPOL UGM secara resmi mendirikan Serikat Pekerja FISIPOL (SPF) melalui Kongres Pembentukan serikat yang diselenggarakan pada Jumat, 1 September 2023, di Bulaksumur, Sleman.

Pada Kongres Pembentukan serikat, telah terpilih sebagai Ketua Formatur adalah Suci Lestari Yuana yang selanjutnya akan membentuk pengurus harian Serikat dengan masa jabatan hingga 2026.

“SPF dibentuk sebagai wadah kolektif untuk melindungi hak-hak pekerja dan memperjuangkan kesejahteraan pekerja di FISIPOL UGM. Serikat Pekerja juga dibentuk untuk memperjuangkan kebebasan akademik yang menjamin kebebasan berekspresi dan berkreasi bagi para civitas akademia di FISIPOL UGM,” ungkap Suci Lestari Yuana, Ketua Formatur Serikat Pekerja FISIPOL (SPF)

Pendirian SPF, menurut Suci, memiliki arti yang sangat penting karena SPF merupakan serikat pekerja yang beroperasi di dalam unit kerja fakultas di dalam lingkup universitas di Indonesia.

“Ini menandai langkah berani dan inovatif dalam mengembangkan tatanan kerja yang lebih demokratis di lingkungan pendidikan tinggi negara ini. Kehadiran SPF mengindikasikan proses pengambilan keputusan yang lebih terbuka dan inklusif yang dapat memperkuat iklim kerja yang harmonis dan produktif di FISIPOL UGM,” tambah Suci.

Pembentukan Serikat Pekerja FISIPOL, tambahnya, diharapkan dapat mendorong pendirian serikat pekerja di UGM maupun di kampus-kampus lain. “Demi upaya perbaikan kondisi kerja dan terjaminnya kebebasan akademik bagi segenap civitas academica di Indonesia,” tutup Suci.

No Comments

    Leave a Reply