KTT Ke-43 ASEAN, Pemimpin Negara Sahabat Tiba di Jakarta  

September 5, 2023

BRIEF.ID – Para pemimpin negara-negara sahabat terus berdatangan untuk menghadiri KTT ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), 5-7 September 2023. Pesawat yang membawa para pemimpin tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Provinsi Banten.  

Pemimpin pertama yang hadir adalah Perdana Menteri (PM) Kepulauan Cook Mark Brown yang tiba  Minggu (3/9/2023)  untuk menghadiri KTT ke-43 ASEAN dalam kapasitasnya sebagai Ketua Pacific Islands Forum (PIF).

Selanjutnya, pada  Senin (4/9/2023) pemimpin negara yang tiba adalah PM Timor Leste Kay Rala Xanana Gusmao, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Kamboja Hun Manet, PM Laos Sonexay Siphandone, PM Malaysia Anwar Ibrahim, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, PM Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin, dan Presiden Filipina Ferdinand Marcos yang datang beserta pendamping masing-masing.

Sementara itu, sejumlah pemimpin negara mitra  seperti Amerika Serikat, India, Rusia, Kanada, Republik Rakyat Tiongkok, Republik Korea, Jepang, Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini dijadwalkan tiba di Tanah Air, pada Selasa (5/8/2023).

Sebelumnya,  Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, sebanyak  22 negara yang terdiri atas 11 negara ASEAN dan 9 negara mitra akan hadir pada KTT ASEAN di Jakarta. Selain itu, Retno juga mengonfirmasi bahwa sejumlah organisasi internasional akan turut hadir dalam gelaran KTT ini.

“Plus organisasi internasional yang menjadi mitra ASEAN yaitu PBB, Sekjen PBB akan hadir, plus akan hadir juga World Bank, IMF, kemudian World Economic Forum, tadi IORA, PIF. Jadi totalnya ada 22 negara plus 9 organisasi internasional,” kata Menlu.

No Comments

    Leave a Reply