Makna Di Balik Kostum Kabasaran Kaesang  Pangarep dan Erina Gudono

August 17, 2023

BRIEF.ID – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono mengenakan pakaian perang Minahasa yang disebut Kabasaran atau Kawasaran.

Kaesang dan Erina tampil memukau saat menghadiri upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan  dalam rangka HUT ke-78 Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Berikut tiga simbol utama Kabasaran/Kawasaran, seperti dijelaskan Erina Gudono melalui akun Instagram @erinagudono.

Pertama, “Gegenang” (ingatan) disimbolisasikan dengan porong di bagian kepala menggunakan bulu ayam jago dan kepala burung Uak. Dimaknai sebagai melakukan kebaikan.

Kedua,  “pemenden” (perasaan) disimbolkan dengan “karai” berupa kulit kayu dan kalung, baik kelana (dari manik-manik), dari taring babi rusa  atau pun kalung dari perunggu. Maknanya manusia harus selalu menimbang dengan perasaan tetapi jangan berlebihan.

Ketiga,  “keketez” (kekuatan) disimbolkan dengan ikatan-ikatan di tangan, di kaki dan pinggang. Ikatan yang telah didoakan ke Sang Khalik dan dipercaya bisa memberi kekuatan.

Atribut penting lain yang biasa digunakan adalah “santi” (pedang) sebagai simbol pembuka jalan kehidupan, pemelihara kehidupan dan pelindung kehidupan itu. Tengkorak merupakan simbol pemburu.

Dalam tarian Kabasaran sering diteriakkan kalimat “I Yayat U Santi” yang berarti angkat pedang dan mainkan (acung-acungkan). Maknanya penyemangat menghadapi tantangan kehidupan.

I Yayat U Santi!

No Comments

    Leave a Reply