Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Pergelaran Angklung

August 6, 2023

BRIEF.ID – Indonesia secara meyakinkan berhasil memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar dan dicatat dalam Guinness World Records (GWR).

Kegiatan akbar yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo,  digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu (5/8/2023) malam.

“Indonesia telah mencapai Guinness World Records dengan jumlah 15.110 orang,” kata penilai resmi GWR Sonia.

Sertifikat rekor dunia dunia itu diserahkan kepada Ibu Tri Tito Karnavian mewakili Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) sebagai penyelenggara kegiatan. Sertifikat kemudian diserahkan kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ribuan pemain angklung itu memainkan lagu “Berkibarlah Benderaku” ciptaan Saridjah Niung atau Ibu Sud dan lagu internasional “Wind Of Change” yang dipopulerkan Band Rock Scorpions.

Rekor dunia itu memecahkan rekor sebelumnya yang diselenggarakan  Kedutaan Besar RI untuk Amerika Serikat beserta Badan Kerjasama Penanaman Modal (BKPM) di Washington DC tahun 2011. Saat itu, sebanyak 5.182 orang dari berbagai bangsa berhasil mencetak rekor dunia.

“Atas prakarsa Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo, kita semua ada di sini. Sebanyak 15.240 orang peserta siap memecahkan rekor pergelaran angklung terbesar di dunia,” kata Ketua Panitia Pergelaran Angklung, Ibu Tri Tito Karnavian.

Ia menjelaskan bahwa upaya pemecahan rekor  telah direncanakan sejak tahun lalu dan untuk mempersiapkan pergelaran akbar itu, para peserta juga  telah berlatih selama tiga bulan.

“Kami bertekad ini jadi persembahan hadiah ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023,” ungkapnya.

No Comments

    Leave a Reply