Ekonomi Indonesia Solid

August 11, 2023

BRIEF.ID – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, di tengah kondisi perlambatan ekonomi global saat ini, perekonomian Indonesia mampu tumbuh kuat sebesar 5,17% (yoy). Pertumbuhan ini telah berlangsung selama tujuh kuartal berturut turut.

“Jadi, kita sudah punya daya tahan selama 7 kuartal diatas 5%. Ini  menunjukkan ekonomi kita solid, pangannya tahan, dan masyarakat bisa makan dengan aman,” kata  Airlangga saat berpidato pada pembukaan Konferensi Nasional dan Expo Ketahanan Pangan Indonesia 2023 di Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Acara diselenggarakan  Masyarakat Petani dan Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Al-Azhar Indonesia, Forum Rektor Indonesia, dan PT Wahyu Promo Citra di JIEXPO Kemayoran. 

Airlangga mengatakan bahwa sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan meski tumbuh di bawah rata-rata ekonomi nasional selama 6 dekade terakhir, namun  tetap resilien dalam krisis serta  berperan sebagai penyangga perekonomian.

Disebutkan,  pada triwulan II 2023 sektor pertanian tumbuh 2,02% dan berkontribusi 13,35% pada produk domestik bruto (PDB) sehingga  menempati urutan kedua setelah industri pengolahan.

Di sisi lain, Airlangga mengingatkan agar  stabilitas harga harus dijaga. Saat ini, salah satu komoditas pertanian yang perlu dijaga  keberlangsungannya adalah  beras.

“Saya sangat berharap bahwa kita terus fokus agar kedaulatan pangan bisa terjaga, bisa mandiri, bisa menjaga pasca panen, dan bisa menjaga stok. Setiap negara kalau kebutuhan dalam negerinya tidak mencukupi akan menutup pintu ekspor. Nah  itu sebagai line of defense, pertahanan dari masing masing negara. Saya  berharap pertahanan Indonesia diperkuat dengan pengembangan-pengembangan food estate,” kata  Airlangga.

No Comments

    Leave a Reply