Dirut KAI: LRT Siap Beroperasi 26 Agustus 2023

August 11, 2023

BRIEF.ID  – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo menyatakan, uji coba moda transportasi Lintas Rel Terpadu (LRT) berjalan mulus dan siap beroperasi mulai 26 Agustus 2023.

“Berjalan lancar dan aman, sesuai dengan standar keamanan transportasi,” kata Didiek saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan uji coba LRT dari Stasiun Jati Mulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sampai Stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (10/8/2023).

Sebelum melaksanakan uji coba, PT Kereta Api Indonesia (KAI) terlebih dulu melakukan berbagai peningkatan kesiapan sarana dan prasarana, termasuk integrasi sistem perangkat lunak sesuai  arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Evaluasi dan perbaikan akan dilakukan secara berkelanjutan terutama pada perangkat lunak dan sistem automasi kereta. Hal itu sangat penting mengingat LRT akan beroperasi secara otomatis tanpa ada masinis.

Ia mengatakan, KAI juga akan bersinergi dengan operator moda transportasi lainnya sehingga di sejumlah stasiun, penumpang bisa menggunakan moda transportasi lain, seperti TransJakarta untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menugaskan Kementerian BUMN agar mengevaluasi dan mencari solusi bersama kementerian terkait untuk mendorong percepatan pembangunan proyek transportasi, terutama LRT sesuai target.

Dengan beroperasinya LRT, diharapkan warga komuter dapat melakukan perjalanan ke Jakarta dan kembali dengan waktu tempuh yang lebih cepat dibanding menggunakan kendaraan pribadi.

“Selain tidak terkena kemacetan lalu lintas, penumpang juga dapat menikmati suasana ibu kota dengan nyaman dan yang lebih penting, dapat sampai ke tujuan tepat waktu,” kata Didiek.

No Comments

    Leave a Reply