Besok, LRT Resmi Beroperasi

August 27, 2023

BRIEF.ID – Lintas Raya Terpadu (LRT) atau Kereta Api Ringan Jabodebek dijadwalkan beroperasi melayani penumpang mulai besok, Senin (28/8/2023) di seluruh 18 stasiun yang yang tersebar di Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

Sebanyak 18 stasiun  akan melayani para pelanggan LRT Jabodebek, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

“Stasiun-stasiun LRT Jabodebek berada di lokasi strategis, mulai dari kawasan perumahan hingga kawasan bisnis. Tujuannya untuk memudahkan para pelaju bertransportasi dari dan menuju Ibu Kota atau wilayah lainnya,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (26/8/2023).

Ia mengatakan, Stasiun LRT terdiri atas dua tipe,  yaitu tipe Interchange Station yang berlokasi di Stasiun Cawang dan tipe Typical Station untuk 17 stasiun lainnya. Perbedaan dari tipe stasiun ini adalah jumlah jalur, luas stasiun, dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya.

Disebutkan, Interchange Station terdiri atas tiga lantai,  di mana Lantai 1 disebut  Area Boarding dan Komersial, Lantai 2 Area Peron, dan Lantai 3 adalah area komersial.

Tipe Typical Station terdiri atas dua lantai, yaitu Lantai 1 adalah Area Boarding dan Lantai 2 merupakan area peron.

Stasiun Cawang disebut sebagai Interchange Station karena merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit. Pelanggan dari Stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya dapat berhenti terlebih dulu di Stasiun Cawang dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya, maupun sebaliknya.

No Comments

    Leave a Reply