Sodetan Ciliwung Diresmikan, Warga Optimistis Banjir Berkurang

July 31, 2023

BRIEF.ID – Sejumlah warga  yang tinggal di sekitar wilayah Sodetan Ciliwung, Jakarta, menyampaikan tanggapan dan harapan atas keberadaan sodetan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Senin (31/7/2023).

Seorang warga bernama Urip Yanto yang tinggal di  Kelurahan Bidara Cina berharap kehadiran Sodetan Ciliwung dapat mengurangi banjir di wilayahnya.

“Kalau warga memang mengharapkannya gimana supaya di wilayah Bidara Cina ini enggak terjadi banjir terus, tiap tahun selalu banjir. Dengan adanya sodetan ini mungkin mudah-mudahan bisa mengurangi banjir semuanya juga lebih bagus lagi. Buat di Ciliwung ini juga jangan terlalu meluap terus. Mudah-mudahan di situ,” ujar pria yang telah tinggal di Bidara Cina sejak 1988.

Sodetan Ciliwung dibangun untuk mengalirkan sebagian debit banjir dari Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT). Tidak hanya sebagai pengendali banjir, kawasan tersebut juga dilengkapi sejumlah fasilitas umum seperti taman bermain, tempat kebugaran luar ruangan, toilet umum, plaza air mancur, hingga warung UMKM.

Marwati, warga Kelurahan Kebon Baru yang tinggal tepat di seberang Sodetan Ciliwung, mengaku senang dengan hadirnya fasilitas tersebut. Marwati menilai infrastruktur dari sodetan tersebut juga bisa menjadi fasilitas publik yang bermanfaat bagi warga sekitar.

“Alhamdulillah senang banget Pak. Ini baru kali ini saya datang, bagus sekali (fasilitasnya) jadi anak-anak nanti ke sini semua betah, untuk bermain warga, biar enggak suntuk gitu,” ujar Marwati.

Senada, Suwarsih, menuturkan bawa infrastruktur sodetan dapat dimanfaatkan sebagai taman bermain anak-anak. Suwarsih pun menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Jokowi dan pemerintah atas pembangunan sodetan tersebut.

“Saya juga cukup berterima kasih kepada Bapak Presiden, Bapak Jokowi dengan adanya sodetan ini jadi lebih berkembang, warga saya juga tidak (terkena) banjir lagi dengan adanya fasilitas yang ada. Yang sudah disediakan ini sangat bagus, jadi ya bagus sekali,” ucap Suwarsih.

No Comments

    Leave a Reply