Puan Maharani: Jepang Bantu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

June 20, 2023

BRIEF.ID –  Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, Jepang merupakan negara mitra yang berkomitmen membantu Indonesia memajukan perekonomian nasional.

“Dengan segala bentuk dukungan yang diberikan, Jepang telah membuktikan dirinya sebagai mitra yang berkomitmen untuk membantu Indonesia mencapai kemajuan ekonomi berkelanjutan,” kata Puan dalam pertemuan dengan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Jakarta, Senin (19/6/2023) malam.

Puan  berharap kesempatan ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang.  Audiensi Puan dengan Kaisar Naruhito dilakukan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Puan dan sejumlah menteri tersebut tergabung dalam Grup A yang melakukan audiensi dengan Kaisar Naruhito dan duduk satu meja. Kaisar Naruhito lalu menyampaikan greeting kepada masing-masing perwakilan grup.

Pada  pertemuan itu, Puan mengucapkan apresiasi atas hubungan baik antara Indonesia dan Jepang. Hubungan diplomatik Indonesia-Jepang sudah terjalin dengan baik selama 65 tahun  dan banyak kerja sama yang dilakukan  kedua negara.

Ia juga menekankan komitmennya untuk memberikan dukungan politik bagi perkuatan hubungan Indonesia dan Jepang. DPR sendiri telah memiliki Group Kerja Sama Bilateral (GKSB) antara parlemen Indonesia dengan Jepang. Melalui GKSB Indonesia-Jepang, DPR telah menunjukkan keseriusannya dalam memperkuat hubungan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan antara kedua negara.

“Kami sangat menghargai dan mengharapkan dukungan yang berkelanjutan dari Kaisar Jepang dalam memajukan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang di masa depan,” kata dia.

Kunjungan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako  ke Indonesia adalah yang pertama sejak dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada tahun 2019.

No Comments

    Leave a Reply