Indonesia Negara Pertama Kunjungan Luar Negeri Kaisar Naruhito

June 19, 2023

BRIEF.ID – Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito melakukan kunjungan luar negeri perdananya sejak naik tahta pada Mei 2019. Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Kaisar Naruhito.

Sekretaris Pers untuk Kaisar Jepang, Shiojiri Kojiro mengatakan, Indonesia adalah negara pertama dalam rencana kunjungan Kaisar Naruhito.

“Memang betul sekali Indonesia merupakan negara pertama sebagai tujuan kunjungan setelah beliau naik tahta. Jadi, artinya ini adalah satu kunjungan perdana ke luar negeri setelah beliau naik tahta,” ujar Shiojiri seperti dilansir Kompas.com, Senin (19/6/2023).

Shiojiri mengatakan Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Kaisar Naruhito untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo. Undangan itu disampaikan Presiden Jokowi saat mengunjungi Jepang, pada Juli 2022.

Shiojiri juga mengungkapkan alasan kenapa Kaisar Naruhito bakal mengunjungi Daerah Istimewa Yogyakarta ketika berkunjung ke Indonesia.

“Yogyakarta dipilih sebagai salah satu tempat untuk kunjungan kali ini itu karena, pertama, berdasarkan niat atau keinginan yang kuat dari Kaisar yang ingin menyaksikan persahabatan Jepang-Indonesia secara seksama, maka mengunjungi balai teknis sabo, saboda. Itu pertama,” kata Shiojiri.

Di Yogyakarta, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga mengunjungi Kraton Yogyakarta karena memang Yogyakarta dan Jepang itu sudah memiliki hubungan yang sangat lama.

“Hubungan itu mulai dari Sri Sultan HB IX dan sampai sekarang,” ujarnya.

Menurut Shiojiri, Kaisar Naruhito ingin melakukan dialog secara mendalam di Yogyakarta. Pada hari pertama kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia ini, ia mengunjungi Depo MRT Jakarta di Lebak Bulus dan Pompa Waduk Pluit di Jakarta Utara.

No Comments

    Leave a Reply