Dubes Rosan: Anak Bangsa Wajib Aplikasikan dan Amalkan Nilai-nilai Pancasila

June 2, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) menyatakan, setiap anak bangsa wajib mengaplikasikan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila adalah fondasi keberhasilan Indonesia menghadapi tantangan global. Bahkan, di tengah krisis yang melanda dunia, Indonesia tampil sebagai salah satu dari sedikit negara yang berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik serta menjaga inflasi, menumbuhkan investasi, dan meningkatkan lapangan kerja.

Pernyataan itu disampaikan Dubes Rosan dalam rangka memperingati Hari Pancasila, pada 1 Juni 2023.

“Banyak cara dan ragam ekspresi untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Namun yang lebih penting adalah memahami nilai-nilai Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Ia mengatakan, setiap anak bangsa wajib memaknai dan mengamalkan Pancasila mulai dari lingkungan terkecil di keluarga.

“Itulah benteng Pancasila yang utama. Bila keluarga baik, maka bangsa dan negara pun memanen kebaikan tersebut.Memaknai dan amalkan Pancasila dalam praktik sekecil apapun. Pada akhirnya Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global bisa menjadi kenyataan dan memakmurkan bangsa. Salam Pancasila!,” kata Dubes Rosan.

No Comments

    Leave a Reply