Airlangga Targetkan Pengusaha Indonesia 5% Dari Jumlah Penduduk

June 24, 2023

BRIEF.ID –  Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan, jumlah pengusaha akan meningkat menjadi 5% dari total penduduk Indonesia dalam rangka  memaksimalkan bonus demografi.

“Namun, di samping itu, kita ingin mendorong entrepreneur kita tumbuh. Kita ini negara yang ingin menjadi negara maju, tetapi jumlah entrepreneur kita hanya 3%, kita harus

naikkan menjadi 5%,” kata  Airlangga pada Indonesia Net-Zero Summit (INZS) 2023 yang diselenggarakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) di Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Airlangga menilai dengan bonus demografi, sebaiknya pemerintah bersama masyarakat tidak menyia-nyiakan momentum krusial itu.

Ia membidik sumber daya manusia RI di masa depan yang harus sehat, berpendidikan serta mempunyai inovasi guna menunjang Visi Indonesia Emas 2060. Selain  menyoroti pentingnya   sumber daya manusia (SDM) berdaya saing, sektor keberlanjutan atau sustainability  juga menjadi salah satu aspek penting.

Sebagai negara maritim dan agraris, lanjutnya, seyogyanya pemerintah bersama masyarakat mampu mengelola ekonomi biru (blue economy) serta ekonomi hijau (green economy) dengan baik.

“Berikut, tentu kita bicara sustainability, berarti kita negara maritim, kita harus menguasai blue economy, negara ekonomi biru. Kita juga negara yang mendorong sustainability, tentu kita akan mendorong green economy. Jadi, Indonesia sudah commit 2060 net zero emission, dan ke depan dalam 10 tahun kita akan kembangkan energi berbasis hijau,” kata dia.

Sebagai tindak lanjut pencapaian target  telah disepakati perjanjian pendanaan transisi energi Just Energy Transition Partnership (JETP) saat gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali tahun 2022 lalu.

JETP telah membentuk sekretariat tim kerja yang siap bekerja merealisasikan kerja sama pendanaan transisi energi hingga siap menggelontorkan dana US$ 20 miliar. Dari segi implementasi,  Airlangga menyebutkan pengembangan tenaga air atau hydropower yang saat ini tengah berjalan.

Airlangga  optimistis mampu mencapai target yang telah ditentukan mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2022 sebesar 5,3% merupakan salah satu capaian pertumbuhan ekonomi yang cukup baik di antara negara-negara G20 lainnya. (antara)

No Comments

    Leave a Reply