Presiden Jokowi Ajak ASEAN-BAC  Perkuat Kolaborasi

May 10, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak  para pelaku usaha negara-negara ASEAN, yang tergabung dalam ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) terus memperkuat kolaborasi untuk menjaga ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan (epicentrum of growth).

“Dan, potensi ekonomi kawasan kita sangat besar. Ekonomi yang tumbuh di atas rerata dunia, bonus demografi, kemudian middle class yang terus meningkat 65% pada tahun 2030,” kata Presiden Jokowi pada ASEAN Leaders’ Interface with ASEAN-BAC di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

ASEAN Leaders’ Interface with Representatives of ASEAN Business Advisory Council dihadiri ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) Arsjad Rasjid dan para pengusaha dari negara-negara ASEAN.

Presiden Jokowi mengatakan, para pengusaha harus mensyukuri  bahwa ASEAN berhasil  menghadapi pandemi Covid-19. , ini berkat kolaborasi, berkat kerja sama dan sinergi antara pemerintah dan dunia usaha.

Di sisi lain, lanjutnya, negara-negara ASEAN menghadapi  tantangan  sangat berat di masa datang. Selain risiko geopolitik yang besar,  lembaga keuangan di Amerika Serikat (AS) dan  Eropa berjatuhan.

“Mari bergandengan erat menyusun agenda bersama untuk memastikan kawasan ini terus menjadi epicentrum of growth,” kata Presiden Jokowi.

No Comments

    Leave a Reply