Menteri Negara-negara ASEAN Satukan Pandangan Terkait Isu Ketenagakerjaan

May 28, 2023

BRIEF.ID – Menko  Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak para menteri  negara-negara ASEAN untuk menyatukan pandangan terkait isu menyangkut ketenagakerjaan  pada pertemuan tingkat menteri Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) di Detroit, Amerika Serikat (AS), Sabtu (27/5/2023) waktu setempat atau Minggu (28/5/2023).

Airlangga  mengatakan sebanyak tujuh menteri yang menjadi pimpinan delegasi negara ASEAN berdiskusi mengenai peran pihak ketiga pada isu Ketenagakerjaan dalam kerangka kerja sama IPEF.

Diskusi dihadiri delegasi Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

“Diskusi menitikberatkan pada  peran serikat pekerja dan masyarakat madani di berbagai isu ketenagakerjaan di negara-negara ASEAN, dan pentingnya membangun konsensus dalam kerja sama IPEF,” kata Airlangga melalui keterangan tertulis, pada Minggu (28/5/2023).

Airlangga menyatakan,  mekanisme dalam International Labor Organization (ILO) menjadi  solusi bagi penyelesaian masalah ketenagakerjaan dengan melibatkan peran pemerintah, perusahaan, dan serikat pekerja.

“Penyelesaian isu ketenagakerjaan dalam IPEF harus sejalan dan melalui mekanisme ILO, dengan memperhatikan regulasi domestik”, tegas  Airlangga.

Sementara itu, Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong  menyampaikan bahwa ketenagakerjaan merupakan isu penting yang perlu diperhatikan secara saksama dan wajib mempertimbangan kondisi dalam negeri.

Hal senada juga diungkapkan Penasihat Khusus Menteri Luar Negeri Thailand, Pornpimol Kanchanalak. Ia menyampaikan bahwa penyelesaian isu ketenagakerjaan melalui ILO merupakan komitmen Thailand.

Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam Nguyen Hong Diem menyampaikan bahwa isu ketenagakerjaan merupakan perhatian utama bagi Vietnam, dan kondisi tiap negara anggota IPEF berbeda-beda dalam penanganan masalah ketenagakerjaan.

Hadir dalam pertemuan itu,  Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani.

No Comments

    Leave a Reply