Koridor Jalan Tol IKN Ditanami  Pepohonan dari Berbagai Daerah

May 31, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, koridor jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) ke depan akan rindang karena  ditanami puluhan ribu pohon yang berasal dari berbagai wilayah di Tanah Air.

“Saat ini, Kementerian PUPR menerima sumbangan 52 ribu batang pohon dari Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) berikut 30 orang petugas yang merawat tanaman tersebut agar tumbuh dengan baik di kawasan IKN,” kata Basuki  saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung di Balikpapan, Kalimantan Timur (31/5/2023).

Ia mengatakan, pohon-pohon itu nantinya akan ditanam untuk mempercantik jalan tol dan dikelompokkan sesuai jenisnya. Beberapa yang siap ditanam, antara lain pulai, ketapang kencana, suren, hingga trembesi yang cocok untuk koridor jalan tol.

Sedangkan untuk  mendukung penanaman pohon tersebut, Kementerian PUPR telah menyiapkan 12 tenda nursery di area seluas 2,3 hektare dengan suplai 5.000 liter air per hari dari Sungai Rawa Buaya.

“Nanti akan ditanam untuk mempercantik jalan tol dan dikelompokkan sesuai jenisnya. Beberapa yang siap ditanam antara lain pulai, ketapang kencana, suren, hingga trembesi yang cocok untuk koridor jalan tol,” kata  Basuki.

Basuki mengatakan, jalan tol IKN Segmen 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung sepanjang 7,3 km merupakan lanjutan dari Segmen 3A Karang Joang-KKT Kariangan sepanjang 13,4 km dan Segmen 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,6 km.

“Ditargetkan rampung pada 2024, jalan tol yang tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda itu akan mempersingkat waktu tempuh menuju KIPP IKN dari 2 jam menjadi sekitar 30-40 menit,” jelas dia.

No Comments

    Leave a Reply