Ketua MPR  Imbau Pemerintah Evaluasi Tingkat Kesejahteraan Petani

May 25, 2023

BRIEF.ID –  Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengimbau  Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Asosiasi Komoditas Pertanian mengevaluasi tingkat kesejahteraan, kinerja, dan berbagai  aspek  sektor pertanian di Indonesia.

“Semua itu agar dapat ditentukan titik temu dan jalan keluar yang tepat untuk memajukan sektor pertanian di Indonesia dan menyejahterakan petani lokal,” ujar Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo melalui  keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (25/5/2023). 

Bamsoet berharap pemerintah berkoordinasi dengan kalangan pemangku kepentingan terkait  melakukan inovasi  sektor pertanian agar semakin  maju, berkembang, dan memiliki daya tarik, khususnya  bagi kalangan generasi muda.

Disebutkan,  diperlukan kebijakan yang dapat meningkatkan sektor pertanian, upaya peningkatan mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Utamanya kebijakan  melalui penyuluhan, sosialisasi, edukasi, maupun pelatihan bagi petani sehingga kebijakan-kebijakan yang dicanangkan dapat dilakukan secara maksimal oleh petani berkualitas,” jelas dia.

Ia juga mengingatkan bahwa sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang dapat menopang perekonomian nasional, termasuk saat krisis akibat pandemi Covid-19, dan merupakan sektor yang mampu menyerap tenaga kerja cukup tinggi sehingga mengurangi pengangguran usia produktif.

No Comments

    Leave a Reply