Ribuan Warga AS Belajar Mengenal Budaya dan Kuliner Khas Indonesia

May 9, 2023

BRIEF.ID – Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Perkasa Roeslani mengatakan ribuan warga AS  belajar mengenal budaya dan kuliner khas Indonesia. Hal itu disampaikan Rosan pada acara kunjungan terbuka bertajuk Around The World Embassy Tour (AWET) di  Gedung KBRI Washington DC, Amerika Serikat, pada  6 Mei 2023.

Gedung bergaya Beaux-Arts berusia 120 tahun, dulu  dikenal sebagai The Walsh-McLean House,  menerima kunjungan lebih dari 5.000 warga  Amerika Serikat untuk menikmati beragam suguhan khas Indonesia berupa  budaya, kuliner, tari tradisional, pencak silat, musik, dan batik. Pengunjung juga dapat melihat replika Hope Diamond, berlian biru 45 karat yang dulu dimiliki  Evelyn Walsh-McLean, anak dari Thomas Walsh.

“Sungguh sangat membanggakan menyaksikan langsung antusiasme warga AS berkunjung menikmati suguhan beragam budaya Indonesia mulai dari kuliner, beragam tari tradisional, pencak silat, musik dan batik di KBRI Washington DC,” kata Rosan melalui keterangan tertulis, yang diterima di Jakarta,  Selasa (9/5/2023).

Tari-tarian khas Indonesia ditampilkan pada acara kunjungan terbuka bertajuk Around The World Embassy Tour (AWET) di  Gedung KBRI Washington DC, Amerika Serikat, pada  6 Mei 2023.

Rosan menyatakan membludaknya pengunjung pada acara Around The World Embassy Tour  yang diprakarsai  organisasi Events DC,  menandakan bahwa Indonesia mendapat tempat di hati dan ingatan warga Amerika Serikat.

AWET adalah  bagian dari kegiatan Passport DC yang  menjadi acara wisata budaya tahunan paling populer di Washington DC. Tahun ini, lebih dari 60 Kedubes asing di Washington DC berpartisipasi menampilkan budaya negara masing-masing. KBRI terakhir kali berpartisipasi pada acara ini pada tahun 2019, sebelum pandemi Covid-19.

“Dari acara AWET kami berharap akan meningkatkan keingintahuan lebih mendalam tentang budaya dan masyarakat Indonesia sehingga mereka akan berkunjung langsung ke Tanah Air,” kata dia.

Dikatakan, kunjungan terbuka  warga Amerika Serikat menunjukkan bahwa warga negara Indonesia berkomitmen menjaga Gedung KBRI yang kini menjadi situs bersejarah AS tetap lestari.

Pentas budaya Indonesia seperti tarian Maumere, Betawi, dan Jaipongan berhasil memikat  hati pengunjung yang antusias mengikuti gerakan penari. Selain itu, pengunjung juga rela mengantre untuk mencicipi  produk-produk Indonesia seperti mie instant (Indomie), snack (Mayora), kopi (Enzi Limited), Swallow Globe (agar-agar), dan Aji Tea.

“Kami sangat menghargai dan merawat sejarah mereka. Mereka juga berpartisipasi dalam kegiatan yang menyenangkan dan interaktif seperti membatik, tarian tradisional, dan seni bela diri Indonesia  Pencak Silat.

Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani berfoto bersama seorang anak pada acara kunjungan terbuka bertajuk Around The World Embassy Tour (AWET) di  Gedung KBRI Washington DC, Amerika Serikat, pada  6 Mei 2023.

Semua yang hadir  menikmati cita rasa makanan dan jajanan khas Indonesia, seperti Indomie, agar-agar,  teh, dan aneka jajaran lainnya,” jelas Rosan.

The Walsh-McLean House dulunya dikenal sebagai  sebuah rumah mewah yang  menjadi lokasi  perundingan persetujuan akhir Perjanjian Versailles,  yang mengakhiri Perang Dunia I,  pada tahun 1919.

Rumah ini juga terkenal karena pernah dimiliki  Evelyn Walsh McLean, seorang sosialita terkenal yang merupakan pemilik terakhir dari berlian terkenal, Hope Diamond.

No Comments

    Leave a Reply