Bunga Raflesia Mekar Sempurna di Batang Palupuh

May 14, 2023

BRIEF.ID – Bunga Rafflesia jenis Arnoldii mekar sempurna  di kawasan hutan Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pegiat wisata Batang Palupuh, Joni Hartono di Lubukbasung,  mengatakan lokasi bunga Rafflesia yang mekar berada di kawasan hutan tidak jauh dari kawasan Cagar Alam Batang Palupuh.

“Bunga Rafflesia kondisi mekar hari kelima dan beberapa hari ke depan sudah layur atau membusuk,” kata Joni pada Minggu (14/5/2023).

Ia mengatakan wisatawan mancanegara dari Prancis, Latvia dan Eropa lainnya banyak yang menyaksikan  bunga Rafflesia sedang mekar itu. Sedangkan wisatawan lokal tidak begitu banyak yang berkunjung.

“Pengunjung lebih banyak dari mancanegara, karena saya promosikan ke pihak hotel, biro perjalanan, dan lainnya,” katanya.

Ia mengakui masih ada empat knop bunga Rafflesia di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh yang bakal mekar dalam beberapa hari ke depan.

Kemungkinan ada satu knop yang bakal mekar pada minggu depan, karena knop sudah berwarna merah dan kelopak sudah mulai terbuka.

Sedangkan knop dengan ukuran kecil masih ada sekitar 20 buah di lima lokasi sebaran bunga dilindungi Undangan-undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistemnya itu di Batang Palupuh.

Lima lokasi berada di halaman rumah orang tuanya, Cagar Alam Batang Palupuh dan kawasan hutan lainnya tiga titik.

“Bunga Rafflesia yang sudah mekar selama 2023 sekitar 25 individu di lima lokasi ,” katanya. (antara)

No Comments

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: