Survei Indikator, Masyarakat Puas Kepemimpinan Presiden Jokowi

April 30, 2023

BRIEF.ID – Hasil jajak pendapat Indikator Politik Indonesia menyatakan,  masyarakat puas atas kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tingkat kepuasan  masyarakat terhadap kepemimpinan  Presiden Jokowi tertuang dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia, yang mencapai  78,5%.

“Ini adalah capaian tertinggi dalam waktu 9 tahun terakhir,” kata  Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat memberikan pemaparan bertajuk “Korelasi Antara Approval Rating Presiden dan Dukungan atas Capres dan Partai Jelang 2024” secara virtual, Minggu (30/4/2023).

Ia mengatakan, selama Indikator melakukan survei kepuasan publik atau approval rating, Presiden Jokowi menjadi yang tertinggi di sepanjang sejarah. Survei pertama dimulai pada Januari 2015 menempatkan approval rating  Presiden Jokowi di posisi  61,7%.

“Selama Presiden Jokowi menjadi presiden,  78,5% approval rating tertinggi yang berhasil diraih,” ujarnya.

Burhanuddin menilai tingginya approval rating tidak lepas dari kemampuan Presiden Jokowi dan para jajarannya  mengendalikan inflasi. Disebutkaa, inflasi menjadi tolok ukur tertinggi masyarakat dalam menentukan tingkat kepuasan.

“Keberhasilan Presiden Jokowi mengendalikan inflasi terlihat dari apa yang terjadi jelang dan saat Lebaran tahun ini, di mana harga-harga kebutuhan barang pokok relatif terkendali dan stabil. Tidak ada lonjakan yang berarti,” katanya.

Ia juga menyatakan, berdasarkan  temuan Indikator, alasan lain yang membawa approval rating Jokowi di level tertinggi sepanjang sejarah adalah  kerap memberikan bantuan kepada masyarakat kecil dengan angka mencapai 40,7%.

Survei Indikator Politik dilakukan pada 11-17 April 2023 dengan melakukan wawancara terhadap 1.220 responden dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

No Comments

    Leave a Reply