Ridwan Kamil Konfirmasi 162 Korban Meninggal Akibat Gempa Cianjur

November 22, 2022

BRIEF.ID – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengonfirmasikan,  sebanyak 162 korban meninggal dunia akibat gempa merusak yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Data tersebut diterima dari call center Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Para korban kini sudah dalam penanganan sejumlah rumah sakit yang ada di Cianjur.

“Mohon izin menyampaikan berita buruk, 162 yang meninggal dunia, 326 luka-luka, mayoritas patah tulang dan berhubungan luka karena tertimpa atau kena benda tajam,” kata Ridwan Kamil di Pendopo Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Ia mengatakan,  para korban yang meninggal itu mayoritas merupakan anak-anak. Karena, kata dia, banyak anak-anak yang sedang berada di bangunan madrasah saat gempa terjadi.

“Kemudian ada dua hingga tiga lokasi jalan terisolasi, jalan nasional tapi dilaporkan sudah kembali normal, sekitar lima mobil yang terperangkap. Tapi laporannya belum masuk apakah sudah terevakuasi atau belum,” kata Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, penanganan para korban gempa di Cianjur dilakukan di tiga rumah sakit, yakni RSUD Sayang Cianjur, RSUD Cimacan, dan RS Bhayangkara Polri Cianjur.

Para korban,  lanjutnya, diupayakan juga untuk ditangani di rumah sakit wilayah lain seperti di Sukabumi atau Bandung guna menghindari penanganan medis di luar ruangan. Pasalnya di RSUD Cianjur para korban ditangani di tempat parkir menggunakan tenda untuk mengantisipasi gempa susulan.

“Di beberapa titik lokasi karena cuaca gelap, lampu mati, akses terputus, diduga masih ada warga yang hilang dan terperangkap ambruk, sehingga kami menduga jumlah korban akan bertambah dalam hitungan waktu,” kata Ridwan Kamil. (Antara)

No Comments

    Leave a Reply