Menteri PUPR: Tol Cisumdawu Beroperasi Secara Fungsional, 15 April 2023  

April 5, 2023

BRIEF.ID – Pemudik dengan tujuan Cirebon dari Bandung, Jawa Barat, kini bisa menggunakan akses jalan bebas hambatan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) akan membuka jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) secara fungsional untuk mempersingkat waktu perjalanan pemudik.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan jalan Tol Cisumdawu akan dibuka secara fungsional, pada 15 April 2023.

Menurutnya setelah pemantauan dan evaluasi, jalan tol sepanjang 95,7 KM itu sudah siap digunakan  masyarakat yang hendak berpergian di musim mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Tol Cisumdawu ini legendaris karena baru akan selesai pertengahan tahun, tapi mungkin tanggal 15 April ini  bisa digunakan fungsional. Kami terakhir ke sana itu akan tembus dari Cileunyi sampai Cipali,” ujar Basuki di Gedung DPR, Selasa (4/4/2023).

Basuki menyatakan,  sudah menyediakan lokasi parkir sementara termasuk rest area di Tol Cisumdawu.

Badan Pengatur Jalan Tol Kemen PUPR nantinya akan berkoordinasi dengan Korlantas Polri terkait persiapan yang matang untuk pembukaan fungsional Tol Cisumdawu di masa arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Menurut Basuki, dalam perhitungannya, Tol Cisumdawu bisa menjadi alternatif mengurangi kepadatan kendaraan mudik ke arah timur Jawa dan arus balik dari arah timur Jawa atau pun  pemudik dari Bandung menuju Cirebon dan sebaliknya.

“Cisumdawu mungkin pemakaiannya bergantung kebijakan lapangan oleh Korlantas Polri, mungkin bisa one way atau satu jalur dari Bandung ke Cirebon pada saat mudik atau balik dari Cirebon ke Bandung,” ujar Basuki.

Adapun rencananya jalan Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 sepanjang 29,165 KM.

Yakni seksi 4 Cimalaka – Legok (8,2 KM), Seksi 5 Legok – Ujung Jaya (14,9 KM), dan Seksi 6 Ujung Jaya – Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,065 KM).

Terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting guna memperlancar arus mudik dari arah Tol Cipali menuju Tol Cisumdawu atau sebaliknya. (kompas tv)

You Might Also Like...

No Comments

    Leave a Reply