Inspirasi Hidangan Berbuka Puasa dan Sahur dari Makassar

April 1, 2023

BRIEF.ID – Kota Makassar adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia dan sekaligus ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan.

Di Kota Makassar, destinasi wisata menarik Pantai Losari yang dikenal sebagai Fort Rotterdam. Kota Makassar juga terkenal dengan wisata kuliner. Sebut saja, sajian khas ini yang melegenda, seperti Coto Makassar, Sop Saudara, Sop Konro, Es Pisang Ijo, Pallu Butung, dan masih banyak lagi.

Pada bulan Ramadan aneka makanan khas Makassar menjadi pilihan sebagai hidangan berbuka puasa dan sahur. Hidangan khas Makassar selain kaya rempah, juga bikin nagih karena kelezatannya.

Makanan dan minuman yang dapat dijadikan sebagai teman saat berbuka puasa dan sahur.

1. COTO MAKASSAR

Coto Makassar yang juga biasa disebut Coto Mangkasara merupakan sajian istimewa khas Suku Makassar. Makanan ini terbuat dari jeroan dan daging sapi yang dipotong kotak-kotak (dadu), yang kemudian direbus dalam waktu yang lama supaya empuk.

Rebusan  jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diberi bumbu yang diracik secara khusus. Tidak mengherankan Coto Makassar memiliki cita rasa gurih yang bersumber dari hasil rebusan daging, jeroan, dan rempah-rempah. Masakan ini  biasa dinikmati dengan ketupat yang dibungkus dengan daun kelapa dan buras atau burasa yang dibungkus daun pisang.

2. SOP SAUDARA

Masakan khas masyarakat Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan berkuah dengan bahan dasar daging sapi, yang biasanya disajikan bersama bihun, perkedel kentang, jeroan sapi, dan telur rebus. Sop Saudara umum dikonsumsi bersama nasi putih dan ikan bolu bakar.

Dalam perjalanannya, Sop Saudara memiliki nilai historis yang cukup panjang mengingat pertama kali dijual pada tahun 1957 oleh seseorang bernama Haji Abdullah alias Haji Dollahi. Paling cocok disantap dalam kondisi panas.

3. SOP KONRO

Sop Konro adalah sejenis makanan tradisi suku Makassar. Sop  yang terbuat dari iga sapi atau daging sapi kuahnya berwana cokelat agak kehitam-hitaman. Rasanya, jangan ditanya. Pasti lezat dan gurih.

Kuah hitam pekat dengan aroma wangi yang khas dalam Sop Konro berasal dari perpaduan kluwek, ketumbar, serai, dan kunyit.

4. ES PISANG IJO

Es Pisang Ijo  memiliki daya tarik tersendiri. Penampilannya yang merupakan hasil perpaduan warna hijau dan putih terlihat sangat menarik. Apalagi, kudapan ini disajikan dengan sirup berwarna merah menggoda.

5. PALLU BUTUNG

Pallu Butung adalah  makanan hasil olahan pisang yang cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Pallu Butung disajikan dengan pisang dan siraman saus bubur sumsum. Agar rasanya semakin manis, biasanya diberi tambahan sirup stroberi di atasnya. Rasanya yang manis membuat PalBbutung sangat cocok dinikmati bersama es serut.

No Comments

    Leave a Reply