H+1 Lebaran, Pengunjung Taman Mini Tembus 20 Ribu Orang

April 25, 2023

BRIEF.ID – Destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dikunjungi puluhan ribu orang hingga H+1 Idul Fitri 1444 Hijriah, peningkatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata kunjungan pada hari biasa.

Humas TMII Novera Mayang Sari mengatakan, pada H+1 Lebaran pengunjung di lokasi itu menembus angka 20 ribu pengunjung. Sementara itu, pada hari pertama dan kedua Lebaran, TMII dikunjungi sekitar 27-28 ribu orang.

Acara yang khusus diadakan untuk menyambut libur Lebaran 2023 “Dendang Riang Lebaran: Uras Rindu Bertemu”, turut menyumbang pada peningkatan jumlah kunjungan TMII. Acara itu berisi variasi atraksi pertunjukan, seperti dendang lagu anak, pertunjukan musik, lagu, tarian daerah dan dongeng Nusantara.

Selain itu, pengunjung juga dapat membeli kerajinan serta makanan dari UMKM yang tersebar di beberapa titik di TMII.

“Dengan antusias pengunjung yang luar biasa, ini  pertunjukan Dendang Riang Lebaran  menarik karena tidak setiap hari kita bisa menikmati hiburan seperti ini,” ujar Mayang seperti diberitakan Antara, pada Selasa (25/4/2023).

Acara “Dendang Riang Lebaran: Uras Rindu Bertemu” di TMII akan berlangsung hingga 30 April mendatang. Atraksi pertunjukan yang diadakan akan berbeda setiap hari dan akan mewakili suku serta budaya dari setiap daerah di Indonesia.

Dengan harga tiket yang dibanderol sebesar Rp25 ribu per orang, pengunjung dapat menikmati spot-spot menarik yang ada di dalam TMII, seperti Museum Indonesia dan anjungan-anjungan dari beragam suku di Indonesia. Khusus libur Lebaran 2023, TMII buka mulai pukul 06:00-18:00 WIB.

Pengunjung dapat berkeliling di TMII selama 15 menit dengan bus listrik gratis yang  disediakan  pengelola. Kebijakan itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari tidak  diperbolehkannya kendaraan bermotor memasuki area dalam TMII. Pengelola TMII hanya mengizinkan kendaraan listrik beroperasi di dalam tempat wisata.

“Taman Mini sekarang  mengusung  konsep baru, kita menerapkan Green Zone. Nggak ada kendaraan yang masuk, hanya pakai bus listrik,” ujar Mayang.

Green Zone merupakan ide yang digagas untuk menerapkan kendaraan ramah lingkungan sekaligus untuk meminimalisasi kendaraan yang masuk ke dalam area wisata sehingga anakanak dapat lebih leluasa untuk berkegiatan di dalam TMII.

No Comments

    Leave a Reply