Basuki Tegaskan Pembangunan IKN Tidak Ada Sangkut Paut Tahun Politik

April 28, 2023

BRIEF.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tetap berjalan sesuai rencana pemerintah dan tidak ada kaitannya dengan  tahun politik menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

“Lanjut. Bagi saya tak ada urusan,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/4/2023).

Pemerintah, lanjut Basuki, terus meyakinkan  investor,  baik di dalam maupun luar negeri tentang pembangunan ibu kota baru di Kabupaten Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur itu.

Pembangunan IKN sudah ditunjukkan pemerintah sejak wacana itu pertama kali bergulir. Diakui  banyak pro dan kontra mewarnai pembangunan IKN, namun pemerintah tetap pada keputusannya melanjutkan pembangunan kota masa depan yang ramah lingkungan itu.

Saat ini, kata Basuki, prosesnya sudah memasuki pembangunan fisik sejumlah infrastruktur dan kantor pemerintahan. Pemerintah,  telah memiliki landasan hukum UU IKN berserta seluruh aturan turunannya. Investor diharapkan tidak ragu dengan keberlanjutan pembangunan IKN.

“Dari dulu begitu, kan. Tapi kita tetap  yakinkan saja. Memang sudah ada beberapa yang katanya masuk Letter of Intent (LoI),” kata dia.

Basuki juga telah menindaklanjuti keinginan investor melalui koordinasi dengan Otorita IKN. “Lewat saya sudah beberapa  LoI yang kami  serahkan kepada Otorita,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply