Aksi Perubahan Iklim Indonesia Sejalan dengan ASEAN

April 3, 2023

BRIEF.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati  mengatakan upaya Pemerintah Indonesia dalam aksi perubahan iklim sejalan dengan ASEAN, yang tercermin pada  taksonomi hijau.

Indonesia sangat memahami bahwa setiap kebutuhan pendanaan iklim membutuhkan sebuah kerangka kerja yang dapat dijadikan rujukan bagi seluruh pihak. Oleh karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia telah menyusun dokumen taksonomi hijau sebagai dasar pedoman investasi hijau.

Taksonomi hijau tersebut dapat menjadi tolok ukur bagi negara lainnya sebagai bagian dari aksi konkret untuk menurunkan emisi. Taksonomi hijau Indonesia ini juga sejalan dengan The ASEAN Taxonomy for Sustainable Finance (ATSF) Versi 2 yang telah diluncurkan pada bulan Maret 2023.

“ATSF Versi 2 dapat mengakomodasi kebutuhan asesmen yang lebih menyeluruh terkait  bagaimana dan dimana  kontribusi program penghentian batu bara untuk ditempatkan sebagai upaya dekarbonisasi dalam mendukung Perjanjian Paris,” kata Menkeu mengutip laman resmi Kementerian Keuangan, Senin (3/4/2023).

Menkeu mengatakan, pemerintah Indonesia terus berupaya memenuhi komitmen aksi perubahan iklim. Pemerintah juga menjalankan komitmennya dengan mekanisme pasar maupun non mekanisme pasar.

“Indonesia telah mengeluarkan kebijakan fiskal untuk mendukung aksi perubahan iklim,” kata Menkeu.

Kebijakan itu seperti memberikan insentif pajak, tax holiday, dan penghapusan pajak pertambahan nilai (PPN) serta bea masuk untuk aksi yang terkait sektor energi terbarukan dan penghentian batu bara.

Menurut Menkeu,  aktivitas yang menghasilkan emisi merupakan isu lintas batas, sehingga implementasi untuk pasar karbon memiliki kompleksitas tersendiri di antaranya terkait yurisdiksi, klaim, dan pihak negara yang berhak mendapatkan penerimaan.

Indonesia menyambut baik dukungan internasional berupa dukungan teknis, pinjaman, maupun hibah dalam pengembangannya.

No Comments

    Leave a Reply