Presiden Jokowi Berbincang dengan Petani di Pematang Sawah

March 6, 2023

BRIEF.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak mendatangi para petani yang sedang panen padi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (6/3/2023).

Presiden mendatangi para petani  saat dalam perjalanan menuju Kota Bandung usai meninjau Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq di  Kabupaten Bandung.

Di luar agenda yang direncanakan, ketika melintasi Jalan Lingkar Baru Soreang, Presiden Jokowi meminta pengemudi untuk menghentikan kendaraan  saat melihat sejumlah petani yang sedang memanen padi.

Tanpa komando, Presiden Jokowi turun dari mobil dan menghampiri para petani tersebut untuk berbincang sejenak sambil mengecek langsung kondisi padi yang dipanen saat itu.

“Berapa harga gabah basah, berapa harga gabah kering, udah tadi ketemu dan masih tinggi,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo mengecek panen padi petani di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (6/3/2023).

Ia menyebut bahwa harga gabah kering yang diungkapkan oleh petani  yakni berada di angka Rp 6.000 per kilogram. Mendengar hal itu, Presiden Jokowi menilai harga tersebut masih tergolong baik.

“Ya baik dong kalau Rp 6.000 per kilogram, hanya dikejar oleh harga pupuk yang tinggi yang dikeluhkan,” ucapnya.

Selain soal harga gabah, petani juga menyampaikan aspirasinya soal kesulitan mereka dalam mendapatkan pupuk. Ani, misalnya, menilai harga pupuk saat ini masih tergolong mahal.

“Pupuknya susah, baru-baru sekarang ada lagi, lagi mahal pupuknya,” ucap Ani.

Setelah berbincang dengan para petani, Presiden Jokowi  melanjutkan perjalanan menuju Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, Kota Bandung untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta.

No Comments

    Leave a Reply