Menhub Pastikan Tol Cisumdawu Mulai Beroperasi 15 April 2023

March 25, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)  yang menghubungkan Kota Bandung dan  Bandar Udara (Bandara) Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat  secara  resmi akan beroperasi mulai 15 April 2023.

“Fungsional jalan tol hampir bisa dipastikan, meski  ada dinamika mundur 1-2 hari itu ada,” kata Menhub saat memberikan keterangan pers usai rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Menhub mengatakan, Tol Cisumdawu yang  kebijakan fungsionalnya  dipegang  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akan dimanfaatkan untuk menunjang arus mudik Lebaran 1444 Hijriah dan meningkatkan aktivitas di  Bandara Kertajati. Di Provinsi Jawa Barat juga terdapat  Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung,  yang memiliki landasan pacu relatif pendek.

“Sekarang  landasan pacu Bandara Kertajati memiliki  panjang kurang lebih 3.000 meter dan  pesawat kargo Antonov bisa mendarat di sana,” jelas Menhub.

Menhub mengaku mendapat instruksi dari Presiden Jokowi agar konsisten memikirkan efektivitas Bandara Kertajati dalam mengurangi kepadatan lalu lintas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bandara Kertajati  bisa menjadi pintu bagi penerbangan ke luar negeri, termasuk kebutuhan angkutan barang dan  penerbangan ibadah umroh.

“Berita baik juga bahwa  Menteri Agama telah berdiskusi dan memastikan Bandara Kertajati akan dipakai untuk haji. Saya sempat ke Arab Saudi dan disambut  Menteri Haji dan Umroh dan Menteri Transportasi,” ujarnya.

No Comments

    Leave a Reply