Gubernur BI Ungkap 3 Kunci Ketahanan Ekonomi Indonesia

March 9, 2023

BRIEF.ID – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wardjiyo mengungkapkan, tiga kunci ketahanan ekonomi suatu bangsa, termasuk Indonesia adalah energi, pangan, dan digitalisasi.

Hal itu diungkapkan Perry saat memberikan Kuliah Umum bertema “Inovasi Kebijakan Publik bagi Ketahanan Ekonomi Indonesia” di Al Qasimia University (AQU), Sharjah, Persatuan Emirat Arab (PEA), Rabu (8/3/2023).

“Tiga kunci ketahanan ekonomi suatu bangsa adalah energi, pangan, dan digitalisasi,” kata Perry.

Sebelum memberikan Kuliah Umum, Perry melakukan courtesy meeting dengan Rektor AQU Prof Dr Awad Al-Khalaf. Sementara itu, Kuliah Umum dipandu Dekan Fakultas Ekonomi AQU Mohamed Alshami PhD dan dihadiri pengajar dan mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Manajemen serta Fakultas Komunikasi. Dalam kuliah itu dihadiri lebih dari 80 mahasiswa internasional.

Perry mengungkapkan, untuk mewujudkan ketahanan energi diperlukan pengembangan energi hijau, sementara ketahanan pangan dapat didorong dengan urban farming, dan digitalisasi memerlukan inovasi yang terus-menerus.
“Membaca dan memahami di sepanjang usia adalah dasar untuk mempelajari seluruh fenomena di dunia yang bermanfaat bagi perumusan kebijakan,” kata Perry.

Sharjah, lokasi berdirinya AQU, merupakan kota pusat pendidikan dan budaya di PEA. AQU telah bekerja sama dengan Universitas Islam Intersional (UII) Depok untuk memperkuat pertukaran di bidang akademik dan budaya.

Terdapat 82 mahasiswa Indonesia di kampus ini yang menempuh program sarjana di Fakultas Arab (Sastra), Ekonomi, Komunikasi, Al Quran, dan Syariah.

No Comments

    Leave a Reply