Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang

February 5, 2023

BRIEF.ID –  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Kepala Staf Presiden Moeldoko menghadiri  Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (5/2/2023).

Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) telah menetapkan Festival Cap Go Meh  di Singkawang  sebagai  warisan budaya tak benda.

“Saya sangat tertarik dengan simbol-simbol yang dibangun di Kota Singkawang,” kata Moeldoko.

Ia menyatakan ikut berbahagia karena bisa merayakan Cap Go Meh di Kota Singkawang. Dia juga mengajak semua tamu yang hadir dalam acara itu untuk meneriakkan slogan “Singkawang Semoga Hebat.”

Moeldoko menambahkan, ditetapkannya Festival Cap Go Meh  sebagai  warisan budaya tak benda oleh UNESCO, merupakan apresiasi PBB kepada  bangsa Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (5/2/2023).

Pada kesempatan itu, Moeldoko  menuturkan pengalamannya  saat menjadi Pangdam XII/Tanjungpura di Kalimantan Barat. Saat  itu terjadi keributan soal patung naga di Singkawang.

“Saya bilang, hai kalian, sebelum kalian lahir, Singkawang sudah seperti ini. Kalian jangan macam-macam. Kalau ada apa-apa dengan patung naga, saya akan   berdiri di depan untuk melakukan perlindungan,” ujarnya.

Atraksi Barongsai menyemarakkan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang

Festival Cap Go Meh pada Minggu pagi ini diisi  atraksi permainan sembilan naga dari grup Santo Yosef Kota Singkawang, kemudian arak-arakan 13 jailangkung (keranjang sayur yang berisi roh), ratusan tatung atau dukun yang kerasukan roh leluhur, atraksi gendang, dan pikulan altar yang dibawa sejumlah orang.

Ribuan warga Kota Singkawang  berbaur dengan tamu dan undangan yang berada kursi di bawah tenda berhiaskan kain warna merah dan putih. Arak-arakan tatung, jailangkung, altar, replika naga, dan barongsai dibawa dan dikawal ratusan orang. Mereka melintasi podium utama untuk memberi hormat kepada tamu dan undangan.

No Comments

    Leave a Reply